dagang

Aturan Yang Harus Dipatuhi Dalam Grup Media Sosial Oleh Semua Anggota - Muha Moch

TINTA PENA MEDSOS, Muha Moch - Media Sosial saat ini sangat masif penggunaannya, dari kalangan muda hingga tua. Dari kalangan atas hingga kalangan bawah. Dari berbagai kalangan dan kasta semua menjadi satu dalam sebuah grup.

Aturan Grup medsos
Gb: Muha Moch


Sebuah grup perkumpulan di media sosial (Medsos) menjadi ajang silaturahmi, bertukar pikiran, menyuarakan aspirasi dan bisa juga sebagai ajang mencari jodoh. 

Namun, terkadang grup medsos juga membawa dampak buruk bagi anggota. Ya, dampak buruk tersebut bisa juga pemutus tali persaudaraan, tersebarnya berita hoax, pembulian, bahkan juga bisa buat ajang perselingkuhan. 

Mengapa bisa terjadi demikian? 

Berikut penjelasan dan aturan grup media sosial agar dipatuhi oleh semua anggota. 

Baca juga: 

1. Perjanjian.

Berikan anggota grup yang baru sebuah peringatan agar mematuhi rules grup tersebut. 

Peringatan akan berdampak pada nggota grup yang baru tersebut untuk bertindak lebih bijak dalam mengikuti ekosistem grup media sosial.

2. Aturan Umum.

Aturan umum ini diberikan kepada semua anggota grup yang newbie maupun yang old. Fungsi dari aturan adalah untuk membatasi semua nggota agar tidak melenceng dari tujuan visi dan misi grup media sosial itu sendiri. 

3. Salam Perkenalan. 

Untuk nggota grup media sosial yang baru saja masuk, untuk diberikan ruang perkenalan. Kenapa mesti begitu? Banyak manfaatnya, diantaranya selain mengenal anggota yang baru saja masuk juga dapat mencarikan Anggota baru tersebut agar lebih akrab dan tidak ada sekat canggung. 

4. Tiga Admin Grup. 

Angkatlah tiga admin grup dari anggota yang paling bisa dipercaya. Fungsi dari admin grup media sosial itu sendiri selain sebagai peringan sang pembuat grup, juga bisa digunakan sebagai detektif (pendeteksian dini huru-hara dari nggota grup yang nakal)

5. Peringatan.

Apabila ada anggota grup yang sudah menerobos batas aturan yang tercantum dalam grup, maka admin harus memperingatkan anggota gruo tersebut. Kenapa peringatan ini dilakukan? Agar grup tidak menjadi ajang perselisihan dan tidak melenceng dari tujuan grup itu sendiri. 

6. Tendang Keluar.

Ada satu anggota yang tidak bisa dikendalikan maka akan berdampak pada nggota lain. Sebelum grup menjadi tidak menentu dan kacau, admin harus mengambil sikap ekstrim, yaitu mengeluarkan anggota grup tersebut. 

Selain bermanfaat sebagai pengendalian kehancuran grup juga berfungsi sebagai peringatan anggota yang lain.

Baca juga: 

Mungkin enam aturan grup diatas belum cukup untuk membuat grup menjadi lebih kondusif dan fokus pada topik yang dibahas. Namun, jauh lebih baik ketimbang tidak memberikan aturan sama sekali. 

Bila mau menambahkan aturan lagi dipersilahkan, agar sesuai dengan topik pembahasan grup.

Semoga artikel ini bermanfaat. 

Silahkan berkomentar di bawah.


Terimakasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aturan Yang Harus Dipatuhi Dalam Grup Media Sosial Oleh Semua Anggota - Muha Moch"

Post a Comment