dagang

Tips Sukses Di Usia Remaja Dalam Segala Bidang Dari Muha Moch

TINTA PENA Tips-Trik, Muha Moch - Siapa sih yang tidak ingin sukses di usia Remaja? Sebagian besar pemuda merasa harus sukses di usia muda. Mereka berpendapat, jika di usia Remaja sudah sukses itu artinya di usia lansia atau tua mereka tinggal menikmati kesuksesannya saja. 

Ilustrasi oleh Muha Moch


Jika ingin sukses di usia Remaja ada beberapa cara dan contoh yang harus di lakukan dan di pelajari. Misalnya saja belajar dari pengusaha sukses adalah salah satu contoh yang baik. Memilik seorangi mentor, panutan adalah berkah tersendiri bagi seorang wirausahawan atau orang yang mempunyai keinginan untuk mewujudkannya. Memilih mentor panutan harus sesuai dengan fashion, karakter dan kepribadian. 


Mentor ibarat penunjuk jalan menuju kesuksesan seseorang, dia memberikan semangat sekaligus membuka pikiran, agar dapat meraih apa yang diinginkan. 


Jika Sobat belum menemukan mentor untuk meraih kesuksesan. Di bawah ini ada beberapa tips untuk membantu Anda menuju kesuksesan yang dinginkan. 


Tips ini untuk segala bidang keahlian. Karena makna kesuksesan, menurut pendapat saya adalah "Kesuksesan tidak bergantung pada nilai materi semata, kesuksesan itu ada dalam mimpi, tujuan dan semangat untuk meraihnya" 


Berikut beberapa tips, sukses di usia Remaja dalam segala bidang:

Baca juga:

1. Menantang Diri Sendiri


Tidak usah ada filsafat, semua sudah tahu. Bahwa kelemahan seseorang untuk menggapai kesuksesan ada dalam dirinya sendiri. Jika seseorang ingin sukses di usia Remaja, maka harus bisa melawan dirinya sendiri. 


Melawan diri sendiri saja tidak bisa, apalagi saat dihadapkan untuk melawan pesaing. Seseorang yang ingin sukses untuk menggapai cita-cita dan tujuannya harus bisa melawan dirinya sendiri. 


Apa yang menjadi penghambat, tentunya Sobat sudah tahu sendiri. Lawan lah kelemahan itu dengan semangat dan perjuangan secara konsisten tanpa kenal lelah.


2. Fashion Atau Keahlian.


Benih-benih cinta lebih mudah tumbuh, ketika apa yang Sobat harapkan ada pada dirinya. Sobat tentunya bersemangat untuk memilikinya. Segala upaya dan usaha pasti Sobat lakukan. 


Nah, itu adalah kata kuncinya. Harapan. Harapan adalah kata kunci untuk menuju kesuksesan. Harapan Sobat apa? Misalnya saja menjadi seorang YouTubers kelas satu di Dunia. 


Begitu harapan muncul, maka semangat untuk meraihnya pun berlipat. Sobat terus bersemangat, semua cara dilakukan, ego diri sendiri Sobat tumbangkan. Hingga mimpi itu terwujud. 


Kita ambil kata motivasi dari Steve Jobs, "Satu-satunya cara untuk merasa puas dalam hidup adalah melakukan pekerjaan yang Anda yakini."


3. Resiko


Usaha gagal. Tidak ada usaha yang gagal, yang ada adalah usaha belum berhasil. Segala bidang keahlian tentu memiliki potensial kegagalan. Bila manusia tidak mengambil resiko, mungkin teknologi Dunia belum secanggih ini. 


Adam, nenek moyang kita. Beliau mengambil resiko yang luar biasa hanya untuk menyenangkan kekasihnya, Hawa. Walaupun ada unsur dari iblis. Manusia tetaplah manusia, yang mempunyai rasa dan karsa. 


Adam dan Hawa diturunkan di bumi, di pisahkan jarak membentang. Mereka terus berusaha untuk saling menemukan, beberapa resiko mereka ambil. Hingga akhirnya mereka berdua bersatu kembali, melanjutkan kehidupan dan menumbuhkan harapan. 


Contoh sederhana, orang di samping Anda sekarang. Dia sedang mengabil resiko, coba tanya. Pasti ada resiko yang sedang dia ambil, Itu adalah contoh kecil dalam kehidupan. 


Jeff Bezos, mengatakan, "Kami tidak pernah tahu hasil dari upaya kami kecuali kami benar-benar melakukannya”


4. Percaya Diri Itu Penting


Penting bagi setiap Insan percaya pada diri sendiri. Pikiran mantap akan menghapus segala bentuk resiko, beberapa kali kesalahan tetap berlanjut. 


Percaya Diri, sangat penting bagi Sobat yang Ingin menggapai kesuksesan di usia yang relatif masih muda. 


Dengan kepercayaan diri, Sobat mempunyai semangat besar untuk bangkit dari keterpurukan dan kegagalan. "Sebaik-baiknya kepercayaan diri adalah mampu mengambil resiko dan terus bersemangat mewujudkan harapan." 


Seperti Henry Ford terkenal, berkata, “Apakah Anda pikir Anda bisa, atau berpikir Anda tidak bisa, Anda benar.”


Meski jalan yang Sobat lalui itu penuh dengan krikil, jika Sobat percaya akan diri sendiri tentu mampu melanjutkan perjalanan sampai tujuan.


5. Jaga Visi


Apa visi keberhasilan Sobat? Visi ada dalam diri masing-masing, jagalah, tulis jika ingin Visi itu tetap terlihat dan tidak terlupakan. 


Visi semacam cambuk semangat, meraih cita-cita dan mewujudkan harapan. Tanpa visi yang jelas Sobat pasti terombang-ambing, sementara pesaing Anda terus melaju kencang. 


Banyak orang-orang sukses di Dunia ini bermunculan, tentu mereka selalu menjaga visi. Bintang film, Atlet, Sastrawan, Tokoh Politik, Tokoh Agama mereka adalah contoh orang yang selalu menjaga visi. Mereka semua pernah mendapatkan resiko, dua kali bahkan ratusan kali. Namun, tetap bangkit karena mereka yakin kepada dirinya sendiri dan tentunya selalu menjaga visi. 


Tokoh terkenal pernah mencatat, "bahwa seorang pengusaha adalah seseorang yang memiliki visi untuk sesuatu dan keinginan untuk membuatnya. Jaga visi Anda tetap jelas setiap saat."


6. Temukan Orang Baik


Fashion, bidang keahlian Sobat apa? Apabila Anda ingin cepat menjadi sukses di usia muda, temukan orang yang sesuai dengan bakat Anda. 


Bergaulah bersama orang-orang yang menurut Sobat sudah sukses atau sudah berada di atas Anda. Selain sebagai semangat Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bahan pembelajaran. Anda dapat mencuri ilmu mereka. 


Jangan sia-siakan kesempatan bergaul kepada orang-orang sukses yang sama bakatnya dengan Anda. 


Ini bermanfaat sekali untuk mengurangi sedikit resiko dalam perjalanan menuju kesuksesan. Alam bawah sadar Sobat pasti akan terpengaruh dengan orang sukses tersebut. 


Reid Hoffman, salah satu orang pendiri LinkedIn, tercatat "bahwa cara tercepat untuk mengubah diri Anda adalah bergaul dengan orang-orang yang sudah menjadi seperti yang Anda inginkan."


7. Tindakan Untuk Menghadapi Ketakutan.


Dunia ini penuh dengan ide-ide brilian. Namun, tidak semua orang bisa mewujudkan, harus ada tindakan. 


Walt Disney tidak pernah ada, apabila dia tidak melakukan tindakan sesegera mungkin. Ini perkataannya, "Bahwa cara termudah untuk memulai adalah berhenti berbicara dan mulai lakukan. Itu juga sukses untuk kesuksesan Anda."


Jangan takut! Mengatasi rasa takut, krisis adalah hal yang mudah tapi harus dilakukan, kalau tidak percumah saja. 


Contohnya saja Cris Jhon, apabila Dia takut dalam bertarung di atas ring dan di saksikan ribuan pasang mata, maka yang terjadi adalah kekalahan. 


8. Konsisten 


Sobat harus konsisten untuk mewujudkan mimpi-mimpi. Waktu adalah investasi berharga dalam mencapai tujuan. Tanpa konsistensi dan kesabaran, Sobat akan terbawa buai angan-angan


Trik untuk mengatasi kejenuhan, lihat visi, rasakan dan renungkan. Anda sudah berjalan jauh menerjang kerikil-kerikil resiko, namun di tengah jalan berhenti dan balik, sama saja anda tidak menghargai perjuangan yang sudah alam dilakukan. 


Usaha apapun perlu konsisten, kesabaran. Seperti Steve Jobs mengatakan, “jika Anda melihat lebih dekat, sebagian besar kesuksesan membutuhkan waktu yang lama."


9. Bangun Tim


Sobat, usaha apapun tidak akan cepat berkembang bila tidak bekerja sama dengan orang lain. Keuntungan dibalik Sobat membangun tim, Sobat dapat mengelola energi, membatasi apa yang anda dapat lakukan dengan waktu Anda.


Bangunlah sebuah tim yang tangguh, jadikan mereka benar-benar loyal kepada Anda, satukan visi. 


Ingat, tidak ada yang berhasil dalam bisnisnya sendiri. Mereka yang tidak memiliki tim, akan kalah dengan tim yang dibentuk berlandaskan kekokohan dan kekompakan. 


10. Pelayanan Extra.


Dalam bidang apapun diharapkan Sobat memberikan pelayanan lebih terhadap pelanggan. Pelayanan adalah salah satu cara membangun kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kita geluti. 


Di balik pelayanan, juga kita sebagai pemberi jasa maupun barang tentu juga membutuhkan kritik. Nah, kritik yang baik, kritik dari konsumen. Dari kritik itu sobat terus berinovasi meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. 

Baca juga:

_______


Itulah beberapa tips sukses di usia Remaja. Tentu tips diatas hanya teori dan penyemangat. Bila Sobat ingin sukses terapkan tips-tips di atas dengan konsisten.


Usaha tidak penah menghianati hasil. Tanpa usaha tidak pernah mewujudkan harapan. Proses yang baik adalah terjun langsung ke medan perang tanpa mengeluh akan resiko-resiko yang datang. 


Segeralah start, jangan hanya merenung dan berangan-angan. Awas terbuai lalu terlupakan dan ditumpuki masalah-masalah baru. 


Semoga artikel ini bermanfaat. 


Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Sukses Di Usia Remaja Dalam Segala Bidang Dari Muha Moch"

Post a Comment