dagang

10 Cara Mudah dan Menarik Menulis Cerpen


Anda orang mempunyai hayalan dan fantasi berbakat. Suatu hari anda ingin menulis hayalan tersebut, namun tidak tahu cara mudah menulisnya. Mari simak ulasan berikut ini.
Cara mudah menulis cerpen
Penting banget dalam menulis memilih sudut padang. Setidaknya,ada empat sudut padang dalam penulisan sebuah cerpen. Sudut pandang masing-masing memiliki keunggulanya tersendiri. Ini adalah tugas kita sebagai penulis mengembanggkan sudut pandang agar cerita itu berkembang dan tentunya menarik.

Baca juga:


Dunia ini penuh dengan cerita menarik. Namun kita seringkali terkendala dalam memulai menulisnya walaupun hanya sebuah Cerita Pendek (Cepen). Disini ada sesuatu yang akan membuat Anda tertarik untuk menulis hayalan maupun cerita dari teman dan kejadian di sekitar kita. Mari kita simak bersama-sama.

Teruslah menulis tanpa menyerah, jangan gampang putus asa apalagi putus hati saat menulis. Ini bukan trik yang ribet melainkan beberapa cara agar kita tetap senang menarikan jari kita di atas keboard, sehinnga dengan sendirinya cerita itu berhasil kita selesaikan. Langsung saja, jangan bertele-tele, karena bertele-tele itu membosankan, hehe.

Cara Mudah Menulis Cerpen

Oh ya, cara mudah menulis cerpen ini, juga di terapkan pada tulisan yang sedang kita baca ini. Memang fokus dari artikel ini untuk pemula seperti saya ini, hehe. Dari Cerpen kita bisa mengambil banyak sekali pelajaran. Baca juga: https://tinta-pena-muha.blogspot.com/2018/01/5-tahapan-dalam-belajar-menulis-cerpen.html?m=1

1. Tentukan tema

Pertama dari sebuah penulisan Cerpen adalah menentukan tema. Pengalaman pribadi, remaja, persahabatan, sosial masyarakat, agama dan lainya. tinggal tentukan tema apa yang akan kita tulis.
Bila tema sudah ditentukan, maka semakin mudah dalam menulis cerpen. tema itu layaknya jantung dalam tubuh manusia. Agar tulisan kita hidup dan terarah.

Satu yang harus kamu perhatikan terkadang tema itu tidak sesuai dengan judul dari cerpen yang kita tulis. Kita banyak tertipu oleh stigma seperti ini. Tema cerpen bisa tentang politik namun bisa dibuat judul mengarah ke percintaa. tergantung Anda memilih yang mana, dan sesuikan dengan fasion.

2. Tentukan karakter dan tokoh.

Untuk pemula seperti saya ini seringkali di terpa writer's block. Menentukan tokoh dan karakter dalam cerita adalah solusinya. Tokoh dan karakter sangat penting , tanpa keduanya cerita yang kita tulis akan terasa hampa.

Tntukan nama tokoh sekeren mungkin, terutama mudah diingat, berbekas di benak pembaca. Banyak refrensi di internet tentang nama tokoh. 

Selain itu pikirkan karakter tokoh atau watak antar tokoh tersebut. ini hal yang paling krusial, jangan sampai membuat watak antar tokoh itu terlihat sama karea hal itu akan berpengaruh ke certa yang kita tulis. usahakan berbeda bir cerita kita tidak membosankan.

maka dari itu tokoh dan karakter sangat penting dalam pembuatan cerpen Anda.

3. Tentukan alur dalam cerita

Alur dalam sebuah cerpen. secara garis besar, alur di bagi menjadi tiga. Alur maju, alur mundur dan alur maju mundur. Nah pilihlah salah satu dari alur tersebut, dan ingat alur juga bisa anda pilih semua dan kembangkan dalam penulisan cerpen Anda.

Semakin baik laur yang kita tulis maka semakin baik cerita yang kita hasilakan. alur yang membuat bingung para pembaca atau membosankan, maka cerita kita tidak diminati para pembaca. Ambilah hati pembaca dengan menulis cerita yang beralur baika dan membuat penasaran.

4.Memilih sudut pandang

Dalam imajinasi kita telah tergambar untuk memilih sudut pandang agr cerita yang kita buat berkembang. Karean pengembangan sudut pandang juga sangat menetukan jalan cerita.

penggabungan tema, tokoh watak, karakter ditambah dengan sudut pandang yang menarik, membuat cerpen semakin hidup, enak untuk dibaca. Sebenarnya dalam memilih sudut pandang tidak ada patokan pasti dalam buku. Jadi sesuikan dengan apa yang ingin kita tulis.

5. Tentukan latar cerita

Sebaiknya tentukan latar cerita dan juga berikan gambaran yang jrlas singkat mengenai cerita agr cerita yang kita tulis tersapaikan ke pembaca. Apakah latar cerita berada di sekolah, halte bus, tempat belanja, atau tempat lainya.

Setelah membuat latar cerita yang kita hendaki buatlah adegan. Hal inilah yang membuat para pembaca cerita kita menikmati. Agar lebih mudah untuk di pahami oleh pembaca usahakan latar kita tempat yang umum atau sudah familiyer agar pembaca tidak bingung apa yang akan kita sampaikan.  Kecuali memang sudah ahli dalam mendeskripsikan tempat.

6. Pembuatan paragraf pertama

Hal paling penting untuk menarik pembaca adalah penulisan paragraf pertama yang kita akan tulis. Karena seperti halaman rumah, semakin menarik, semakin indah tentunya pengunjung juga betah membaca karya kita.

Ada bebebrapa cara dalam menulis paragraf pertama, Nsmun, cara membuat pembukaan yang menarik menitik beratkan pada deskripsi yang membuat pembaca penasaran akan jalanya cerita selanjutnya. Sehingga pembsca terus membaca sampai akhir cerita yang kita buat.

Coba Anda buat paragraf dengan aksi konflik. Misalnya, kematian pacarnya di sebabkan kecelakan oleh ibunya sendiri. ternyata seteleh diselidiki ada orang ketiga yang membuat pacarnya meninngal.

7. Klimaks Endin

Buatlah emdimg yang menyentuh, agar cerita kita tetap dikenang di benak para pembaca. Cobalah membuat ending menyentuh, yang bisa pembaca meneteskan airmata atau kesal dengan salah satu  karakter tokoh yang kita tulis.

setidaknya ada beberapa ending dalm cerita. Ada happy ending, sad ending dan cliffharger. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Sesuaiakn deng imajinasi yang kita akan tuliskan.

8. Pesan cerita

Dalam sebuah cerita tentunya da pesan tersendiri saat kita selesai membaca, enth itu pesan moral atau pesan alinnya. Cerpen baik dan menarik harus mempunyai adal dengan menyematkan pesan dala cerita. Baik pesan tersirat maupun pesan tersurat.

Pesan merupakan 'pamit' kepada para pembaca cerita. Usahakan pesan yang kita sampaikan bagus dan berbobot. agar di kemidian hari pembaca kita menanti atau mencari karya kita selanjutnya.

9. Lakukan editingjm

Kebanyak dari pemula seperti saya ini saat menulis cerita semangatnnya menggebu, langsung di kerjakan semua. Namun, saat melakukan editing kita begitu malas apadal ini hal paling genting dala sebuah penulisan cerita.

Hindari malas editing. Selama kita menulis kemungkinan banyak typo, salah ketik ataupun salh susuna kalimat dan itu perlu diperbaiki. Dalam pembuatan sebuah cerita tentunya kita juga dituntuk untuk menggunakan bahasa atau kata yang resmi misalnya dala panduan Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kesalahan sekecil apapun mempengaruhi penikmat tulisan kita, contohnya kesalaha koma, dan tanda baca lainya.

Biasakan cerita yang kita tulis diamakan beberapa hari dulu, lalu setelah itu kita masuk ke editing. apabila kita langsung ke editing kita tidak akan fokus.

Baca juga:


10. Teruslah menulis

Yang janrang kita lakukan lambat laun akan terlupakan, begitu juga dengan menulis. teruslah menulis apapun yang kita lihat, kita dengan dan kita bayangkan, karena itu akan membiasakan kita agar cepat mahir dalam menuis.

Jangan pernah menyerah, meskipun kritik pedas selalu menghantam kita. jangan kedorkan semangat kita, jadikan kritik sebagai pelecut semangat.

Penutup

Cara menulis cerpen yang baik bahkan menarik membutuhkan usaha. Namun, hal yang paling harus diperhatikan adalah 'Teruslah menulis'. Jangan menyerah pada awal kita menulis buktikan bahwa Anda bisa. Orang berhasil adal orang yang terus mencoba.

Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB ya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Cara Mudah dan Menarik Menulis Cerpen"

Post a Comment