dagang

9 Tips Bermedia Sosial Agar Aman Untuk Semua Kalangan

Media sosial sering kali dijadikan sebagai alat kriminal. Tidak jarang berita tentang penculikan, perampokan, pemerasan bahkan pembunuhan berawal dari media sosial.
9 cara menggunakan media sosial agar aman
Media sosial mestinya digunakan sebagai mana fungsinya. Namun, dewasa ini banyak orang yang terjebak dan terbawa suasana teman media sosialnya. Terlebih lagi mereka yang mencari popularitas.

Terlalu mengumbar hal pribadi, memposting aib keluarga, membuli teman, mengunggah foto dan video orang lain. Beberapa contoh tersebut berefek negatif untuk kehidupan kita di dunia Maya bahkan membahayakan kehidupan sebenarnya.

Baca juga:


Untuk sedikit memfilter hal negatif tersebut, maka penggunaan media sosial Anda perlu diatur. Berikut aturan hal-hal yang perlu dihindari:

1. Jangan menandai lokasi

Menandai lokasi saat kita online kepada teman kita di dunia sosmed, berdampak pada pembacaan alamat kita saat ini. Jika teman itu ingin mencelakai kita dia pasti tahu keberadaannya dan dengan mudah melacak.

Namun bila teman kita memang dapat dipercaya, silahkan saja. Saran admin aktifkan kepada satu atau dua orang teman kita saja. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Mengumbar aib keluarga

Sering ngepost sesuatu yang berbau aib, hati-hati akibatnya sangat buruk terhadap pribadi kita. Bahkan nyawa kita bisa melayang percumah. Apalagi aib itu dari saudara kita sendiri, teman karib, kerabat yang memiliki perselisihan dengan kita.

3. Mengunggah akte kelahiran

Jangan posting akte kelahiran siapapun termasuk anak dimedia sosial.

4. Hubungan asmara

Jaga selalu privasi hubungan asmara, agar langgeng dan tidak menimbulkan finah, kebencian  dan kecemburuan terhadap orang lain.

5. Mengunggah bukan hasil karya sendiri

Bila anda ingin terkenal, maka posting karya sendiri jangan karya orang lain karena melanggar hak cipta. Apabila ingin memposting karya orang lain cantumkan sumbernya.

6. Mengunggah pesan pribadi

Hindari memposting tangkap layar percakapan kita dengan orang lainnya, atau grup tertentu, agar tidak terjadi salah paham.

7. Jangan meng-upload ketika sedang liburan

Biasanya tangan kita gatal untuk segera meng-upload momen saat liburan, seharusnya kita tahan terlebih dahulu setelah liburan selesai.

Baca juga:


8. Menggunggah informasi anak

Apa gunanya memposting informasi anak? Pikiran lagi lebih banyak manfaatnya atau tidak.

9. Jangan pamer uang

Perampokan, pencurian, penodongan bisa terjadi, walaupun anda sebenarnya tidak mempunyai uang sama sekali. Namun karena anda sering memposting yang berbau pamer uang, ya akibatnya akan seperti disebutkan tadi.

Dari sembilan poin diatas, tentunya semua tergantung kontrol Anda selaku pemilik akun media sosial. Sekian, terimakasih.

Lihat Video YouTube Admin

Penulis: Muha Moch
Semarang, 11 Oktober 2019

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "9 Tips Bermedia Sosial Agar Aman Untuk Semua Kalangan"