dagang

Visi Dan Misi Karang Taruna Harus Tahu Perbedaannya

TINTA PENA KARANG TARUNA, Muha Moch - Banyak pemuda-pemudi yang sudah mengetahui atau mendengar istilah visi dan misi, contohnya saja ketika di sekolah, di kampus, pada saat mengikuti kampanye kader partai atau acara partai. Ketika Sobat mendengar visi dan misi, mungkin garis besarnya seperti ini, visi dan misi disampaikan untuk menggambarkan rencana untuk mencapai tujuan pada instansi, organisasi dan sejenisnya untuk masa waktu kedepan. Biasanya organisasi maupun instansi mempunyai target-target jangaka pendek dan jangka panjang.

Gb. Muha Moch


Sobat pemuda harus tahu, mengenai perbedaan visi dan misi. Sering kali kita keliru memahami dan susuh membedakan ketika ditanya oleh orang lain. Terkadang juga masih bingung dan belum mengerti secara mendalam apa arti dan makna sebenarnya. 

Baca juga:

Dalam pikiran kita secara tidak langsung, tidak mudah memahami perbedaan visi dan misi ini. Kita masih kekurangan makna kata per kata, kita juga kadang terjebak dalam deskripsi yang mbulet. Memang visi-misi ini susah untuk dijelaskan, karena dua kata ini tergabung dalam satu kesatuan tidak dapat dipisahkan dalam sebuah organisasi. Termasuk organisasi Sobat yaitu organisasi Karang Taruna. 

Sobat, Anda sebagai orang yang peduli kepada teman, lingkungan, masyarakat Desa, tidak salah untuk mencari perbedaan antara visi dan misi. Visi dan misi itu penting untuk diketahui, dipelajari. Dua kata tersebut sangat berguna sebagai patokan dalam menjalankan sebuah organisasi kepemudaan. Organisasi Karang Taruna.

Di bawah ini ada perbedaan antara visi dan misi. Tolong baca denga tuntas, teliti, benar dan baca refrensi dsri artikel lain agar wawasan Sobat bertambah banyak. Seringlah membaca.

Baca juga:

• Pengertian Visi

Visi: Kedepan.

Sesingkat itu kata visi. Bila ingin lebih jelasnya simak uraian artikel ini. KBBI lebih tepatnya (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mempunyai arti visi beraneka ragam kata. Diantaranya: Penglihatan, pengamatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan. Biasa diartikan bahwa visi adalah bentuk, pola yang menunjuk ke keinginan, cinta-cita atau suatu nilai, gagasan untuk mewujudkan. Keinginan ini bisa diperuntukan untuk pribadi, golongan, kelompok, organisasi, institusi, bangsa dan negara untuk mencapai tujuan.

Gambaran besar dari visi ialah, Sebagai acuhan, patokan agar lebih fokus efesien dan efektif untuk mewujudkan tujuan. Diharapkan dengan hadirnya visi, pribadi maupun golongan lebih terorganisir mampu eksis, antisipatif dan Inovatif.

Apakah visi dapat beruba atu diubah? Untuk mejawab pertanyaan ini, ada dua jawaban. 

Yang pertama visi ini digunakan oleh perseorangan atau pribadi. Jawabannya begini, jika pribadi tersebut melihat perkembangan jaman yang sakin berlari kencang dalam segi teknologi dan kemajuan SDM (Sumber Daya Manusia), tentu pribadi tersebut harus mengubah, mengedit bahkan mengubah visi. Mengubah visi karena perkembangan zaman adalah hal yang wajar. 

Visi yang digunakan organisasi. Merubah visi dalam organisasi lebih sulit karena harus mendapat persetujuan dari sebagian besar anggota. Bila Sobat seorang ketua Karang Taruna lalu melihat bahwa visi Karang Taruna tersebut tidak relevan dengan keadaan, kemampuan serta SDM anggota dan Sobat ingin merubahnya. Tidak mudah. Dalam organisasi seperti Karang Taruna ada yang namanya Musyawarah Mufakat atau kata lainya persetujuan bersama, suara terbanyak. Sobat meneliti maksud dan tujuan visi yang sibat dengungkan. Sobat harus bisa mengalahkan argumentasi sebagian besar anggota Karang Taruna bahkan tokoh masyarakat. 

Namun, bila Sobat mempunyai keyakinan dan percaya bahwa visi tersebut dapat menjadikan organisasi Karang Taruna semakin cepat maju meraih tujuan. Maka, percayalah dengan usaha dan doa visi tersebut terwujud. Sobat termasuk jenis orang yang mempunyai tekad kuat, ini adalah modal awal dari seorang pemimpin.

• Pengertian Misi

Misi: Langkah mencapai misi.

Secara harfiah misi adalah suatu yang menjadi alasan bagaimana cara, langkah untuk mewujudkan visi yang sudah di buat. Ibaratkan misi adalah strategi langkah efektif untuk mempermudah sekaligus membatasi hal-hal yang tidak sejalur dengan proses perwujudan visi.

Dengan asumsi lain misi kurang lebih: prioritas, cara, metode, kiat-kiat, nilai-nilai yang menjadi landasan sebagai perujuk memulai garis besar untuk menciptakan, mewujudkan sebuah visi.

Jangan bingung membedakan antara visi dan misi. Asumsikan saja bahwa visi dan misi adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan oleh apapun, keudanan seiring berjalan bersama.

Kesimpulannya sebagai berikut, misi adalah pernyataan untuk menetapkan arah tujuan dan sasaran, apa, mengapa dan bagaimana demi tercapainya sebuah visi organisasi maupun pribadi.

Baca juga:

• Perbedaan visi dan misi

- Visi: tujuan, cita-cita, mimpi masa depan yang ingin dicapai.

- Misi: Langkah, bentuk, cara, variabel, bagaimana mewujudkannya visi tersebut.

- Visi adalah gambaran besar atau gambaran keseluruhan ala yang dimaksud, diinginkan.

- Misi adalah: Penjabaran apa dari keinginan yang akan dicapai untuk mewujudkan visi.

- Visi terdiri dari beberapa kalimat atau pernyataan, pon yang jelas padan dan singkat.

- Misi terdiri dari sejumlah kalimat atau pernyataan yang dapat menjelaskan tujuan biasanya terdiri dari beberapa kalimat hingga membentuk variabel-variabel sebagai cara untuk mewujudkan visi.

- Visi lebih bersifat jangka panjang.

- Misi lebih fleksibel dapat dilakukan segera dan cepat dalam perubahan. 

- Visi dibuat untuk masa depan dan mempunyai sifat umum.

- misi dibuat untuk masa kini atau sekarang, bersifat lebih detail.

Dapat kita simpulkan adlah bayangan dalam sebuah masa depan dan cara kita melihat gambaran tersebut pada masa depan. Sedangkan misi adalah cara, langkah-langkah yang bisa kita lakukan saat ini demi tercapainya visi.

Contoh Visi Dan Misi Perusahaan. 

PT. PERTAMINA PERSERO (Tbk)

Visi: Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia

Misi: Menjalankan Usaha Minyak, Gas, Serta Energi Baru dan Terbarukan Secara Terintegrasi, Berdasarkan Prinsip-Prinsip Komersial Yang Kuat.

Pertamina memiliki tata nilai sebagai komitmen perusahaan untuk mewujudkan visi dan misinya berdasarkan standar global dan penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Nilai-nilai Pertamina disebut dengan 6C, terdiri dari Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable.

~•©•~


Artikel ini disadur dari beberapa sumber. 

Terimakasih semoga bermanfaat. 


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Visi Dan Misi Karang Taruna Harus Tahu Perbedaannya"

Post a Comment