dagang

Atur Handphone Anak Agar Tidak Salah Penggunaan

TINTA TIPS, Muha Moch - Anak kecil atau seumuran usia SD dan SMP dalam memainkan, memahami dan menggunakan handphone tentunya belum maksimal ke hal yang positif. Maka dari itu peran orang tua sangat penting agar tidak salah dalam penggunaanya.
Aturan Handphone untuk anak

Ngomongin soal anak menggunakan handphone, bagaimana kabar orang dewasa? Jangankan anak. Kita saja sebagai orang dewasa sudah dewasa masih sering lepas kontrol dalam menggunakan  handphone, belum lagi ketika menemui kendala dalam pengoperasiannya. Dewasa ini, sulit sekali menemukan orang dewasa yang tidak memegang gadget dalam kehidupannya.
Emm, ini masalah tersendiri bagi kita sebagai orang yang sudah dewasa. Lalu bagaimana dengan anak-anak? Bukankankah anak-anak hanya meniru perilaku orang dewasa atau orang tua? Mari bersama-sama kita ulas, bagaimana cara mengatur agar handphone tidak salah dalam penggunaanya.

Cek Cek Cek Kidooot:


Anak-anak memang harus diarahkan dalam penggunaan handphone agar tidak keterusan menggunakannya. Kasihlah jadwal kapan anak boleh memakai handphone kapan tidak boleh.

Contohnya, saat jam belajar anak tidak boleh menggunakan handphone kecuali ada PR yang sulit, tentunya dengan didampingi orang tua. 


Internet dan handphone sangat berkaitan erat dan menjadi satu kesatuan. Maka dari itu sebisa mungkin orang tua menjauhkannya dari dunia anak-anak.

Ajaklah anak bermain permainan tradisional seperti congklak, ular tangga dan permainan sejenisnya.


Tips nomor tiga ini agak sulit dilakukan oleh orang tua, biasanya karena faktor kasihan dengan buah hatinya. Karena bagaimanapun anak adalah buah cinta dari orang tuanya.

Bila orang tua tidak sering maen handphone di depan anaknya, anaknya kemungkinan besar juga tidak minta handphone. Berarti peran atau contoh orang tua sangat besar. 

Terkhusus bila anak merengek atau menangis jangan membiasakan menghibur dengan mengasihkan handphone kepada anak. Karena hal ini memicu anak untuk terus menggunakan handphone.


Bila orang tua memang yakin ingin merelakan anaknya untuk menggunakan handphone, maka berilah pendidikan. Pendidikan yang efektif adalah pendidikan dari handphone itu sendiri, manfaatkan fitur yang ada dalam handphone seperti, gambar, game, vidio dan sejenisnya.

Memberikan edukasi juga banyak berdampak kepada anak itu sendiri, perkembangan otak dan kemampuan membaca, skil, merasakan dan empati.


Bila anak Anda agak sedikit rewel terus meminta handphone, maka jurus memberikan alasan harus diperhitungkan secara matang. Alasan adalah sebuah sugesti kepada anak, maka dari itu berikan alasan yang positif harapan anak mampu menerima dengan logis.


Dari sekian tips di atas maka ini adalah tips yang tidak diinginkan. Kecanduan anak terhadap penggunaan handphone, sangat rentan akhir-akhir ini. Apabila anak sudah kecanduan cara menyembuhkannya pun sangat sulit.

Maka dari itu tugas orang tua adalah  menjaga sebaik mungkin dan dampingi anak saat memainkan handphone.
Baca juga:


Akhirnya kita sampai diujung artikel, semoga apa yang dibaca bermanfaat bagi Anda, bagi kehidupan, bagi umat manusia dan bagi semua makhluk. Amin

Bila Anda ingin berkunjung ke situ YouTube Admin : Klik > Muha Moch

Jangan Lupa: SUBSCRIBE

terimakasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Atur Handphone Anak Agar Tidak Salah Penggunaan"

Post a Comment