dagang

Macam Damapak Negatif Media Sosial Terhadap Kehidupan Manusia

TINTA PENA, Medsos, Muha Moch - Setiap manusia di jaman modern ini tentunya memiliki media sosial (Medsos) di dalam Handphone atau kata lainnya gadget. Tahu tidak media sosial memiliki dampak negatif terhadap kehidupan manusia?
Dampak negatif penggunaan media sosial

Pada dasarnya manusia kalau sudah mencintai sesuatu pasti tidak akan pernah meninggalkannya, kecuali sudah dihianati. Tidak terkecuali oleh media sosial. Begitu besar pengguna media sosial sehingga manusia melupakan fitrahnya dalam kehidupan nyata. Ini akan berdampak terhadap kehidupan manusia itu sendiri: 

Berikut macam dampak negatif media sosial terhadap kehidupan manusia: 



• Retaknya hubungan keluarga

Semua memang menyenangkan berselancar di media sosial, bertemu anak-anaknya dan keluarga lainnya. Namun setelah salah satu dari mereka memposting sesuatu yang negatif, maka tidak cuma keretakan keluarga yang terjadi, kehancuran juga akan terjadi. 

Maka gunakanlah media sosial sebagai mana mestinya, memposting hal-hal yang berdampak positif untuk kehidupan keluarga dan teman-teman adalah hal yang paling harus diutamakan.

• Membuang-buang waktu

Ketika mata terbuka bahkan belum sempat terbuka secara sempurna, tangan sudah meraba-raba gadget dimana letaknya. Setelah itu langsung melihat medis sosial apa yang telah terjadi selama ditinggal tidur. Sampai dengan tidur lagi, hal paling terakhir di lihat adalah media sosial. 

Ini adalah dampak negatif media sosial terhadap kehidupan manusia yang harus dihindarkan, membuang waktu secara sia-sia.

• Menjadi konsumen berita hoax

Manusia sekarang sangat sensitif dengan berita yang bersifat provokatif, padahal sumber dari berita tersebut belum tentu benar kredibilitasnya. Jangan menelan mentah-mentah suatu berita yang didapat di media sosial harus mencari sumber yang benar-benar valid, agar tidak menjadi konsumen berita hoax.

• Menjadi gila

Kebanyakan lihat media sosial menimbulkan rasa iri, dengki, sombong, penipu, dan hal negatif lainnya. 

Banyak sekali kejadian yang telah disebutkan di atas bagaimana manusia tidak dapat mengendalikan dirinya karena tidak mau kalah dengan manusia lainnya. Itu, termasuk tanda-tanda manusia dalam tahap menjadi orang gila. 

Hiddari hak semacam itu karena bahaya terhadap kelangsungan hidup manusia.

• Tertipu

Siapa yang tidak tergiur dengan diskon besar-besaran toko belanja di media sosial, Facebook, Instagram dan sejenisnya.

Setelah itu barang yang dibeli dengan mahar ratusan ribu tidak kunjung datang. 

Hindari hal semacam ini dengan menangkap layar dan mencari informasi mengenai pemilik aku tersebut.

• Banyak musuh

Mencari teman memang mudah di media sosial. Namun mencari musuh juga tidak sulit. 

Hindari memposting sesuatu yang berbau negatif atau provokasi.

• Kesampingkan kehidupan nyata

Banyak orang yang berfikiran, media sosial adalah ajang silaturahmi. Namun, silaturahmi yang dianjurkan dalam semua agama adalah menguji saudara secara nyata.

Semoga kita semua dihindarkan dan semampu mungkin menahan ego yang muncul berlebihan terhadap penggunaan media sosial.

Artikel ini adalah bentuk kritik terhadap penggunaan media sosial secara berlebihan dan tidak menggunakannya sebagaimana mestinya.

Kunjungi Channel YouTube Admin > Muha Moch

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Damapak Negatif Media Sosial Terhadap Kehidupan Manusia"

Post a Comment