dagang

Apa Dampak Media Sosial, Manfaat Positif Dan Negatif Bagi Manusia?

TINTA PENA, Medsos, Muha Moch - Tanpa  disadari media sosial (Medsos) telah berdampak di dalam kehidupan bagi manusia. Ada dua dampak yang saling berlawanan yaitu manfaat positif dan negatif. 
Dampak positif dan negatif dari media sosial


Manusia diera modern seperti sekarang ini, kehidupannya hampa tanpa media sosial, seperti masakan Padang tanpa bumbu alias hambar. Dimulai saat mata terbuka dari tidur sampai menutup mata lagi, sebagian besar langsung meraih gadget untuk membuka media sosial. 

Seperti yang telah disebutkan di paragraf pertama, bahwa selayaknya dua sisi mata uang Medsos atau media sosial juga memiliki dampak negatif dan positifnya bagi manusia manusia.

Dampak Negatif Media Sosial:

Dalam bermedia sosial kita harus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada dampak kepada manusia yang signifikan terhadap kelangsungan otak dan jiwa sosial.
Maka hindari dampak negatif berikut.

• Membuang waktu

Mengkontrol penggunaan media sosial adalah cara terbaik agar kegiatan di dunia nyata tetap terjaga. 

• Kecanduan Gadget.

Banyak kejadian dan mungkin ada dilingkungan terdekat, karena kebanyakan menggunakan media sosial, orang tidak bisa hidup tanpa gadget. Ini berpengaruh buruk pada jiwa sosial kepada lingkungan.

• Termakan berita Hoax

Penyebaran informasi dari media sosial perdetik mencapai ribuan kali. Tanpa disadari beberapa informasi tersebut adalah hoax atau berita tanpa ada sumber yang valid. Jangan sekali-kali memakan mentah-mentah berita, status dan hal lainnya, harus ada referensi dari sumber yang dapat dipercaya.

• Menyebabkan setres

Orang yang dalam kehidupannya bergantung pada media sosial, mereka adalah orang-orang terindikasi stress.

• Kena tipu

Banyak orang kena tipuan saat membeli barang di pasar media sosial karena tidak hati-hati dalam mencari dan tidak membandingkannya terlebih dahulu dengan barang atau pasar lain. 

• Banyak musuh

Selain lima damapak negatif di atas ada satu dampak lain, ialah banyak musuh, jangan memberikan atau membuat informasi mengenai sindiran dan ujaran kata kebencian karena itu akan memperbanyak musuh.

Dampak Positif Media Sosial:

Seperti dua kutub magnet menolak dan menerima, begitu pula dampak media sosial kepada Manusia:
Berikut hal-hal media sosial yang berdampak media sosial: 

• Sebagai alat komunikasi

Pemilihan media sosial sebagai sarana komunikasi, sangat efektif digunakan karena sekali memasuki media sosial disana teman kita menanti.

• Mengetahui Informasi

Banyak kejadian trending akhir-akhir ini, namun terkadang sebagian orang tidak tahu informasi tersebut. Manfaat positif dari dampak sosial media inilah salah satu, mengetahui informasi yang sedang trending se-awal mungkin.

• Sebagai sarana hiburan

Pekerjaan di dunia nyata, terkadang membuat stres pikiran dan tubuh. Pulang, ngopi sambil membuka media sosial, membaca status dari teman-teman itu dapat menghibur dan memberikan nilai positif dalam pikiran.

• Mencari uang

Sudah umum sebagai besar orang mencari pundi-pundi rupiah dengan memanfaatkan media sosial. Salah satunya ialah berdagang di platform media sosial. Ini adalah salah satu dampak paling positif untuk menambah penghasilan.

• Menemukan teman baru

Teman baru bisa didapatkan dari mana saja termasuk dari media sosial yang dipegang saat ini, seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan media sosial sejenisnya.

Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Sobat.

Kunjungi Channel YouTube Kami > Muha Moch

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Dampak Media Sosial, Manfaat Positif Dan Negatif Bagi Manusia? "

Post a Comment