dagang

Teori Menulis Untuk Pemula?

Hay ... Sobat? Mau jawaban tentang teori yang tepat untuk penulis pemula, dan jawaban dari saya adalah Bum .... : Jangan kebanyakan teori. 
Hay ... Sobat? Mau jawaban tentang teori yang tepat untuk penulis pemula, dan jawaban dari saya adalah Bum .... : Jangan kebanyakan teori. 


Ih ... ih kok bisa?
Emm, seperti itulah jawaban yang paling jujur dari lubuk hati sanu bari paling dalam saya, ketika ditanya tentang teori untuk penulis pemula. Menulis itu ibarat kita berenang, kita harus basah-bahasahan dulu alias nyemplung ke kolam, sungai atau pun bendungan, ihhh ... sadis. Abaikan teori terlebih dulu, sering-sering praktek menulis, banyak-banyakin menulis. Dan pada akhirnya apabila kalian menemui  kegagal dalam menulis baru tanyakan teorinya.  
Pasti kalian pernah membaca dan mendengaar tentang teori menulis, dalam suatu blog maupun grup entah itu FB, WA maupun yang lainya, lalu kalian terpatok dengan teori tersebut. Abaikan terlebih dulu teori itu, langsung saja menulis sesuka hati kalian. Praktek menyelam dalam istilah berenang, banyak-banyakin prakteknya.   

Bebaskan diri kalian dari belenggu  terori-teori tersebut, yang membuat kalian pada akhirnya malas untuk menulis. Kalian pasti membutuhkan kebebasan dalam menulis, bebaskan dari patokan teori yang sudah kalian baca dan kalian dengar. Curahkan ide yang ada di kepala kalian  ke dalam selembar kertas, maupun mengetiknya di HP atu apa saja, bila kalian sudah mentok dan sudah mumet baru kalian terapkan teori yang sudah kalian baca maupun dengar, itu kedalam tulisan kalian.

Begitu banyak teori menulis di banyak buku dan internet, atau yang sudah kalian pelajari dalam seminar menulis, maupun di sosil media grup. Kalian akan merasakan manfaatnya jika kalian sudah:
1. Bila kalian sudah menulis 5, 10 lembar perminggu.
2. Bila kalian sudah menulis puluhan halaman dalam satu bulan.
3. Kalian sudah pernah menulis hingga satu buku, yang halamannya banyak sekali. 

Bila semua itu sudah kalian lakukan makan akan Bumm ... kalian seakan mendapatkan keajaiban, menemukan banyak teori yang belum kalian pernah baca dan dengar. Tapi ketika kalian belum pernah melatih kebiasaan jari dan otak kalian untuk menulis, maka semua itu akan berbanding terbalik. Teori-teori itu akan terus menghantui kalian, tidak ada artinya untuk kalian. Latihan menulis buku maupun artikel sangat penting untuk melatih kepekaan kalian, apa lagi kalian rajin menulis. Namun bila semua itu kalian abaikan yanga ada hanya akan menjadi penyakit dalam otak kalian, mengotori buku kalian. 

Intinya adalah bayak-banyaklah menulis terlebih dulu, setelah itu lihat dan terapkan teori yang kalian kuasai. Edit hasil tulisan kalian dengan teori yang kalian pelajari. Semangat adalah hal mutlak, konsisten dalam menulis sangat diperlukan, untuk penulis pemula seperti kalian.

Ok gang’s, setelah kalian melakukan hal yang di atasa yaitu, menulis sudah menjadi kebiasaan, tanpa kalian sadari kalian akan menemukan kelincahan dalam menulis. Pada akhirnya hambatan-hambatan dalam menulis akan semakin berkurang, maka apa yang kalian cita-citakan dalam menulis. Hasil akan menghampiri kalian, tulisan kalian  terbit dan menghiasi rak toko buku.
Untuk menggapai ke arah sana kalian harus terbiasa menulis. Tulislah yang ada di dalam otak kalian tentang apa saja, bayak-banyakin menulis. Standarnya kalian terbiasa, menulis tidak harus langsung banyak. Sedikit-sedikit saja dulu nyicil. Kalian pasti pernah mendengar kata pepatah kita, “sedikit-demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit.” Pepatah yang satu itu tidak akan lekang oleh waktu, bisa diterapkan pada jaman apapun, jaman old maupun jaman now. 

Kalian akan merasakan kebiasaan tulang-tulang jari kalian untuk selalu menulis. Semua anggota dari tubuh kalian akan merasakan kebiasaan menulis. Bila kalian melalukukan kebiasaan dalam menulis ini, dalam waktu lama kalian akan merasakan besarnya manfaat dalam menulis. Kalian juga akan merasakan berenang di tengah lautan tanpa ada hambatan lagi, tidak ada beban yang menggumpal di otak kalian tentang teori-teori itu. Kalian akan ada ditahap mahir dalam menulis. Usaha kalian tidak harus berhenti di situ saja tetap lakukan terus dan bersabar dala mempraktekanya.

Mungkin itu saja yang saya, bisa curahkan untuk kalian, para gang’s penulis hihihi.

Kunjungi juga Channel YouTube Admin Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB, ya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Teori Menulis Untuk Pemula?"

Post a Comment