dagang

Jenis-Jenis Surat Resmi Dan Pengertiannya, Agar Dalam Membedakan Tidak Keliru


Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai beberapa, bahkan banyak sekali surat resmi yang berbeda. Misalanya salah satu surat resmi yang sering kita terima adalah  surat edaran dari organisasi perkuliahan,  Karang taruna dan perkantoran. Pengiriman surat resmi biasanya bertujuan mengenai informasi penting. Agar kita memahami tentang apa saja jenis dan penjelasan surat resmi, baca ulasannya di bawah ini.

Baca juga:
1. Surat Kuasa

Pernahkah Anda menerima atau memberikan surat kuasa? Surat kuasa biasanya digunakan untuk menggantikan atau digantikan kuasa oleh pihak lain saat kondisi tertentu.

Berikut penjelasan tentang surat kuasa. 

Surat kuasa adalah surat yang berisi tentang pemberian wewenang dari instansi terkait atau perseorangan saat ada kondisi tertentu. Seperti surat kuasa pembelian atau penjualan mobil, pengambilan uang di Bank dan contoh lainnya.

2. Surat Perintah

Apa itu surat perintah? Surat perintah adalah jenis dari surat resmi yang berguna sebagai menunjukkan perintah, dari perusahaan atau institusi rest lainnya. Perusahaan, karang taruna, kantor dinas, organisasi resmi surat ini sering dijumpai. Ada beberapa contoh surat perintah misalnya, surat pindah tugas, surat lembur, dan surat tugas lainnya.

3. Surat Niaga

Seperti surat kuasa, surat niaga juga sering kita jumpai sehari-hari. Surat Niaga adalah jenis surat yang digunakan untuk transaksi jual-beli dalam jumlah yang besar. Salah satu dari contoh surat niaga adalah pembelian rumah dan pembelian tanah.

4. Surat Perjanjian Kontrak Kerja

Jika kita dalam posisi baru masuk kerja atau ada perbaruan kontrak kerja baru pasti akan diberikan surat perjanjian kontrak kerja. Surat perjanjian kontrak kerja adalah surat yang berisi mengenai perjanjian dan kontrak antara perusahaan dengan karyawan

5. Surat Keputusan

Surat keputusan adalah surat yang dikeluarkan mengenai keputusan kepada anggota dari instansi dan lembaga resmi. Contohnya adalah: Surat keputusan pengangkatan kepengurusan, surat keputusan pengangkatan karyawan atau yang sering disebut dengan istilah (SK). Surat ini juga sering dikeluarkan oleh instansi pemerintah semiasal surat keputusan Bupati, surat keputusan Gubernur dan surat keputusan Presiden.

6. Surat Edaran

Surat edaran adalah surat yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau lembaga berupa informasi untuk kelompok dan kalangan tertentu. Misalanya saja pemberitahuan tentang hari libur sekolah dan perkuliahan sebagainya.

7. Surat Undangan

Tentunya kita sering sekali menerima atau bahkan membuat surat undangan dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian surat undangan ialah sebuah surat yang diperuntukan mengundang seseorang, organisasi, instansi ataupun lembaga resmi maupun tidak resmi untuk kepentingan tertentu. Adapun contohnya adalah sebagai berikut: surat undangan pernikahan, undangan karang taruna, undangan rapat organisasi dan sebagainya. 

8. Surat Panggilan

Surat ini biasanya memiliki fungsi sebagai memanggil seseorang, instansi, atau pribadi untuk kepentingan tertentu. Seperti surat panggilan saat kita melamar pekerjaan untuk tes selanjutnya, surat panggilan kerja. 

Demikian penjelasan dan jenis-jenis surat resmi yang pada penjelasan kali ini kita kupas. Tentunya dalam membuat surat resmi ataupun menerima kita tahu perbedaan surat resmi atau bukan surat resmi. Keterampilan untuk membuat surat resmi tentunya harus dimiliki.

Baca juga:

Memiliki pengetahuan bahkan keterampilan membuat surat resmi banyak manfaatnya diantaranya, mengetahui perbedaan, menambah wawasan dan sebagai bahan pembelajaran.

Kunjungi Channel YouTube Admin> Muha Moch

Terimakasih semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-Jenis Surat Resmi Dan Pengertiannya, Agar Dalam Membedakan Tidak Keliru"

Post a Comment