dagang

Membuat, Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Membuat, Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja - Memang dalam dunia pekerjaan pada saatnya kita masuk kedalam titik jenuh, merasa tidak nyaman, ditambah mengalami berbagai persoalan yang membuat kita terpaksa mengundurkan diri dari tempat kerja. 

Persoalan demikian ini wajar dialami oleh pekerja, karen setiap kehidupan itu ibarat proses dan pilihan. Mau tidak mau harus menjalaninya, agar lebih berkembang lagi menuju kedewasaan berfikir dan bersikap, menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab di masa mendatang.
Pengunduran diri dalam bekerja buka sesuatu pilihan negatif, namun bisa juga menjadi pilihan krusial sensitif yang harus di pikirkan matang-matang. Maka dari itu, kita harus mempunyai bentuk komunikasi yang baik, agar penyampaiannya tepat. Dengan alasan dan maksud yang jelas, agar menimbulkan kesan baik kepada atasan di tempat kita kerja.
Maka dari itu, kita terlebih dahulu memilih sarana penyampaian yang paling tepat, untuk dikomunikasikan kepada pimpinan tempat kita bekerja, salah satu penyampaian paling tepat adalah surat pengunduran diri. Supaya dalam mengakhiri masa kerja atau keluar dari perusahaan tempat kerja,  membuat kesan baik terhadap perusahaan.

Nah, bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang benar dan baik? Dan seperti apa contohnya? Di bawah ini mari kita cermati bersama:

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri yaitu Surat pernyataan yang dibuat karyawan atau pekerja untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Surat ini biasanya ditunjukkan kepada atasan di tempat kerja atau perusahaan.

Komponen Dan Aturan Surat Pengunduran Diri.
Komponen:

- Tujuan surat
- Nama pengirim (biodata pengiriman)
- Alasan pengunduran diri.
- Penutup


Aturan:

- Menyebut nama atasan
- Nama lengkap serta jabatan pengiriman surat
- Tanggal berakhirnya masa kerja
- Menggunakan bahasa formal
- Menjelaskan alasan pengunduran diri
- Ucapan terimakasih kepada atasan
- Lebih baik ditulis tangan


Berikut Contoh Surat Pengunduran Diri:

1. Surat Pengunduran Diri Sederhana
____

Malang, 18 Januari 2019


Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Sukses Sekaligus
Jl. Cipayung, No. 16 Malang


Dengan Hormat.

Dengan kerendahan hati yang paling dalam, mohon diterima surat ini sebagai pemberitahuan pengunduran diri saya.

Sesuai dengan isi kontrak kerja, saya memberitahukan bahwa satu bulan lagi masa kerja saya di PT. Sukses Sekaligus akan segera berakhir.


Sementara saya benar-benar menikmati masa bekerja di sini, saya telah memutuskan melakukan mengundurkan diri untuk memajukan karir saya. Saya sangat senang bisa mengabdi di sini, perusahaan telah memberikan banyak sekali manfaat dan pengalaman kerja selama 2 tahun terakhir, dan rasanya sedih untuk meninggalkan tim.

Proyek saya saat ini up to date dan saya yakin, mampu membuat serah terima kepada pekerja baru dengan baik sebelum saya pergi.

Mohon kiranya pimpinan memberi tahukan bila Anda membutuhkan bantuan saya dengan cara lain.

Hormat Saya

(Tanda tangan)

Adi Sucipto 

2. Surat Pengunduran Diri Formal

____
Malang 18 Februari 2019


Yth,
Kepala. HRD
PT. Gunung Merapi


Dengan Hormat.

Saya Ucapkan terimakasih sebagai tanda penghargaan kepada PT. Gunung Merapi atas kesempatan, bimbingan dan dukungan profesional Anda. Saya berharap semoga perusahaan ini sukses berkelanjutan hingga di masa mendatang.


Nama              : Abdul Qodir
Departemen   : Pemasaran Produk
Jabatan.         : Operator
No Karyawan : K75847


Surat ini ditunjukkan dengan maksud, mengajukan pengunduran diri dari PT. Gunung Merapi karena sakit yang sedang dialami belum kunjung sembuh. Surat ini saya buat susuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaan ini, serta tanpa maksud negatif. Harapan saya semoga perusahaan memahami kondisi saya, sehingga dapat memberikan hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan dan dibuat dengan sebenarnya. Atas bimbingan dan dukungan yang telah banyak diberikan kepada saya selama ini, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya

(Tanda Tangan)


3. Surat Pengunduran Diri Umum
____

Bekasi, 20 April 2019


Kepada Yth.
Ibu Supervisor Departemen Produksi
PT. Udaramas Group

di tempat

Dengan hormat.


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Abdul Aziz
Tempat, tgl. lahir       : Demak, 3 Februari 1973
Jabatan                       : Operator
No. karyawan            : K58493

Memberi tahukan permohonan pengajuan pengunduran diri dari PT. Udaramas Group. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah ingin mengembangkan usaha dagang saya. Saya ucapkan banyak terimakasih atas segalanya yang sudah diberikan kepada saya dari PT. Udaramas Group, semoga kedepannya tambah maju dan jaya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan maklumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya

(Tanda Tangan)

Abdul Aziz
______
Baca juga:Surat-Surat

Demikian artikel membuat surat pengunduran diri kerja, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk artikel mengenai surat-surat lainnya silahkan klik home di atas.

Kunjungi Channel YouTube Admin> Muha Moch
Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat, Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja"

Post a Comment