dagang

Tugas Pokok dan Fungsi Karang Taruna Sebagai Mata Panah Penerus Bangsa

TINTA PENA Karang Taruna, Muha Moch - Program adalah suatu perencanaan untuk mencapai suatu misi dalam sebuah organisasi. Tugas pokok yang harus di capai organisasi haruslah berbarengan dengan fungsi dan tanggung jawab, tidak terkecuali Karang Taruna.
Tugas karang taruna

Tugas dan fungsi Karang Taruna sebagai organisasi pembelajar dan pengembangan generasi muda Indonesia. Pemuda harus peka melihat keadaan kesejahteraan sosial di lingkungannya masing-masing baik yang bersifat preventif dan rehabilitasi.

Fungsi Karang Taruna sudah dirumuskan dalam bentuk Pemensos RI Nomor 77 Tahun 2010 mengenai Pedoman Dasar Karang Taruna, sebagai acuhan organisasi.

Baca juga:

Yang tertulis sebagai berikut:

• Menyelenggarakan Usaha dalam mencapai Kesejahteraan Sosial di lingkungannya masing-masing.

• Menyelenggarakan Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan bagi untuk masyarakat.

• Menyelenggarakan pemberdayaan masyarakat khususnya generasi penerus atau pemuda secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.

• Mengadakan kegiatan edukasi, pengembangan jiwa kemandirian dalam bentuk wirausaha bagi generasi penerus Bangsa di lingkungannya.

• Mengadakan sosialisasi pemahaman, memupuk rasa kesadaran, rasa empati, dan tanggung jawab sosial untuk generasi penerus Bangsa.

• Meningkatkan rasa memiliki, rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan, rasa kesetiakawanan dan rasa sosial sebagai tujuan dalam memperkuat nilai-nilai kearifan lokal, budaya dan adat setempat sebagai wujud dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

• Memupuk kreativitas kepemudaan sebagai rasa tanggung jawab sosial kepada masyarakat yang bersifat reaktif, kreatif, edukatif, ekonomis, produktif dan kegiatan praktis lainya, dengan mendayagunakan semua sumber dan potensi kesejahteraan yang ada di wilayah dengan cara swadaya.

• Menyelenggarakan rujukan, pendamping dan advokasi sosial bagi mereka penyandang masalah kesejahteraan sosial.

• Menguatkan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sumber, informal maupun non formal.

• Mencegah terjadinya kesenjangan kesejahteraan sosial secara aktual.

Baca juga:


Fungsi di atas adalah gambaran betapa sangat bermanfaat sekali Karang Taruna sebagai mata panah gerakan penerus Bangsa. Karena sudah mengakomodir sebagian besar persoalan Negara.

Semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan dari sebagian pemuda-pemudi dalam ikut serta berperan aktif untuk kesejahteraan sosial di wilayah masing-masing.

Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB ya.
Terimakasih, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tugas Pokok dan Fungsi Karang Taruna Sebagai Mata Panah Penerus Bangsa"

Post a Comment