dagang

Ketua Karang Taruna - Tugas, Kewenangan Dan Tanggung Jawab

Dalam artikel ini mengajak seluruh pengunjung mari bersama-sama belajar dengan tuntas, apa saja tugas, kewenangan dan tanggung jawab ketua Karang Taruna?

Ketua Karang Taruna tugas, kewenangan dan tanggung jawab - Karang Taruna, menurut Wikipedia ialah suatu organisasi kepemudaan terstruktur yang ada di Indonesia. Karang Taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan yang bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

Baca juga:


Sebagai organisasi kepemudaan sosial Karang Taruna merupakan wadah pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan dalam kegiatan kemasyarakatan dengan mendayagunakan seluruh potensi manusia mampu sumber daya lingkungan yang tersedia.

Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan, mempunyai Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga (ADART) juga memiliki struktur kepengurusan dan masa jabatan. Semua ini terwujud demi keberlanjutan organisasi Karang Taruna, dimasa sekarang seterusnya untuk masa depan.

Berdasarkan topik ide diatas dan masih kurangnya artikel terkait, terutama mengenai tugas, kewenangan dan tanggung jawab ketua Karang Taruna, maka admin mengajak kepada semua pengunjung untuk membahas artikel ini lebih lanjut.

Lalu apa keutungan yang didapat setelah mempelajari atau membaca artikel ini?

Mari kita simak bersama.

Salah satunya adalah kita mengerti dan memahami lebih mendalam tentang tugas, kewenangan dan tanggung jawab ketua Karang Taruna.

Ok, langsung saja kita ke topik pembahasan.

Ketua Karang Taruna - ketua Karang Taruna dipilih berdasarkan hasil rapat besar yang diadakan setelah masa jabatan ketua sebelumnya habis. Ketua dipilih berdasarkan musyawarah mufakat anggota atau bisa juga dengan sistim pemilu.(dengan sarat sudah tidak ada jalan keluar dalam musyawarah mufakat).

Tugas Ketua Karang Taruna

Memimpin rapat-rapat yang telah di programkan, diantaranya rapat bulanan, setengah tahun, tahunan dan rapat besar lainnya yang memerlukan kehadiran ketua organisasi.

Mewakili organisasi untuk membuat persetujuan / kesepakatan dengan pihak terkait setelah anggota memutuskan dalam Musyawarah Rapat Pengurus Pleno (MRPP).

Mewakilan organisasi dalam menghadiri kegiatan strategis kemasyarakatan ataupun lembaga pemerintah, resmi dan tidak resmi dalam rangka mempererat hubungan antara organisasi.

Menandatangani surat-surat yang berhubungan dengan arah kebijakan dan sikap organisasi, baik luar maupun dalam.

Bersama sekretaris dan bendahara merancang penggalian sumber pendanaan keuangan organisasi untuk aktivitas operasional program kerja Karang Taruna.

Memelihara keutuhan, kekompakan dan semangat berorganisasi kepada seluruh anggota Karang Taruna.

Memberikan atau memutuskan pemikiran dan kebijakan strategis sebagai arah anggota maupun pengurus untuk pelaksanaan kegiatan program kerja yang telah ditetapkan, dalam menyikapi tatanan kehidupan demi tercapainya tujuan Organisasi.

Mengoptimalkan fungsi dan peran wakil ketua agar tercapainya efesiensi dan efektifitas program kerja.

• Kewenangan Ketua Karang Taruna

Membuat dan mengesankan semua program kerja harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Serta seluruh keputusan-keputusan dan kebijakan organisasi yang bersifat strategis melalui kesepakatan anggota dalam forum Musyawarah Rapat Pengurus Pleno (MRPP).

Baca juga:


• Tanggung jawab Ketua Karang Taruna

Bertanggung jawab dalam mengkoordinir dan mengorganisir semua anggota organisasi, agar program kerja yang telah ditetapkan berjalan dengan baik dan lancar, hingga akhir masa baktinya.

Dari penjelasan yang telah diuraikan di atas dengan sangat mendetail, tentunya kita memerlukan pembagian tugas pada masing-masing seksi organisasi agar tugas, kewenangan dan tanggung jawab ketua Karang Taruna berjalan secara maksimal, tentu dengan mengacu pada program kerja yang telah ditetapkan organisasi.

Demikian artikel pembahasan tentang bagaimana tugas, kewenangan dan tanggung jawab ketua Karang Taruna dalam menyikapi dan menjalankan roda organisasi kepemudaan, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk artikel mengenai Karang Taruna silahkan klik Home di atas.

Kunjungi Channel YouTube Admin> Muha Moch
 Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ketua Karang Taruna - Tugas, Kewenangan Dan Tanggung Jawab"

Post a Comment