dagang

Pengertian Karang Taruna Sebagai Organisasi Kepemudaan Resmi Negara

TINTA PENA Karang Taruna - Setelah mengetahui dan mempelajari bagaimana terbentuknya organisasi kepemudaan Karang Taruna di Indonesia. Mari sekarang kita bersama-sama mengetahui bagaimana pengertian Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang resmi di mata Negara.
Organisasi kepemudaan Karang Taruna

Begini pengertian Karang Taruna. Karang Taruna adalah sebuah organisasi sosial kepemudaan sebagai wadah untuk generasi penerus bangsa yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran, empati dan rasa tanggung jawab kepada dinamika sosial dari, oleh dan untuk masyarakat di area lingkungannya, yang bergerak dalam kesejahteraan sosial.

Secara garis vesar dapat dipahami sebagai berikut:

Baca juga:


Karang Taruna adalah perkumpulan kepemudaan yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial dibentuk oleh masyarakat yang berfungsi sebagai sarana partisipasi dalam melaksanakan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS).

Sebagai salah satu wadah pengembangan Karang Taruna dituntut untuk bisa memiliki rasa empati dan tanggung jawab terhadap kesejahteraan sosial masyarakat terkhusus bagi kalangan pemuda di wilayahnya masing-masing.  Menjadi tempat berkegiatan dengan asas tujuan mengembangkan cipta, karsa, rasa dan karya generasi muda.

Karang Taruna harus mampu tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran terhadap polemik ataupun problematika kesejahteraan sosial, untuk berusaha mencegah bahkan mengatasi masalah-masalah tersebut. Kesadaran dan mempunyai rasa tanggung jawab sosial tersebut, merupakan modal dasar yang harus dimiliki setiap anggota Karang Taruna untuk tumbuh dan berkembang menjadi organisasi yang terbaik.

Karang Taruna tumbuh dan berkembang dari generasi muda, diurus dan dikelola oleh pemuda itu sendiri tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial anggota dan masyarakat yang berada di wilayahnya, kelurahan Desa maupun Dusun atau komunitas adat sederajat.

Setiap Desan, Dusun bahkan disetiap lingkungan RT seharusnya ada organisasi Karang Taruna atau sejenisnya untuk mengembangkan bakat dan ikut berperan aktif dalam lingkungannya. Karean setiap generasi muda berhak mendapatkan keleluasaan dalam kegiatan pergerakan untuk kesejahteraan sosial.

Dimikian juga bagi komunitas adat setempat, untuk menciptakan suasana yang kondusif dan terus mewujudkan wilayah yang beradat, menjaga keanekaragaman wilayah, misalnya Bali, Banjar, Nagari di Sumatera Barat, serta di distrik-distrik di Papua.

Baca Juga:


Pada akhirnya perkembangan Karang Taruna mampu menjawab tantangan Bangsa yang terus bergerak cepat dan tidak tertinggal dari wilayah lain di Bumi ini.

Banyak manfaat yang kita dapatkan dalam mengikuti Perkumpulan Karang Taruna. Misalnya saja, pengembangan bakat, refreshing dan sebagai pengisi waktu luang yang positif dan bermanfaat.

Semoga artikel ini menambah wawasan dan bermanfaat.

Terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Karang Taruna Sebagai Organisasi Kepemudaan Resmi Negara"

Post a Comment