dagang

Dari Mana Sumber Dana Organisasi Karang Taruna Berasal?

Muha Moch Karang Taruna - Sebenarnya organisasi apa saja harus mempunyai sumber pendanaan untuk menjalankan program kerja. Sangat vital sebuah organisasi memiliki sumber dana pasti, karena tanapa dana organisasi berjalan ditempat atau bahkan mati. Apalagi organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna tanapa aliran dana sendiri organisasi tidak mampu bersikap independen. Karena semua program kerjanya dicukupi oleh mereka yang memiliki kekuatan, ini akan melumpuhkan organisasi itu sendiri sebagai alat kepentingan penyumbang dana.
Mencari sumber dana karang taruna
Namun jangan kawatir bagai kalian yang terjun dalam organisasi kepemudaan Karang Taruna, berikut beberapa sumber dana yang bisa kalian maksimalkan:

1. Iyuran Wajib Anggota

Setiap makhluk memerlukan sumber tenaga yang rutin agar tetap eksis menjalani hidup. Demikian pula dengan organisasi Karang Taruna memerlukan pendanaan untuk menjalankan program kerja yang telah direncanakan. Dana tersebut tentunya harus lancar dan selalu ada setiap kali dibutuhkan agar program kerja terus berjalan lebih cepat dan maksimal.

Sumber dana iyuran rutin adalah salah satunya. Dalam AD/ART organisasi kepemudaan Karang Taruna tentunya sudah disusun sedemikian rupa mengenai pendanaan pokok organisasi.
Diantara subern dana iyuran dari anggotalah yang paling banyak memegang peranan penting dalam organisasi Karang Taruna. Sementara suber dari pendanaan yang lain tidak begitu bisa diprediksi perolehannya.

Tapi perlu memaksimalkan perolehan iyuran dari anggota, karena kemungkinan adanya kendala. Kebanyakan dari anggota belum sadar dalam memenuhi kewajiban iyuran tersebut. 

Karena masalah inilah yang seringkali muncul, menjadi indikator bagi organisasi. Pentingnya pemahaman dan kesadaran anggota Karang Taruna, tentang manfaat apa yang diperoleh dalam berorganisasi.

2. Dari Masyarakat

Organisasi kepemudaan Karang Taruna adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, dan kegiatan, dalam tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan Desa setempat.

Alasan tersebut bisa dijadikan orgumen kita meminta partisipasi masyarakat dalam bentuk dukungan pendanaan organisasi Karang Taruna. 

3. Pemberdayaan Usaha Organisasi

Kesadaran dalam berorganisasi harus segera kita tangani bersama, sebagai bentuk peran pemuda terhadap kelangsungan Desa yang ditempatinya. Namun terkadang ada kendala dalam masalah pendanaan. 

Organisasi kepemudaan harus bergerak aktif mencari celah suber dana lain selain yang disebutkan di atas. Diantaranya adalah membentuk usaha mandiri Organisasi, contohnya saja: Membuat famplet untuk di edarkan ke masyarakat, kerja bakti berbayar, pengadaan jimpitan dan lainnya.

4. Memanfaatkan Event

Satu tahun mungkin waktu yang cukup lama bagi kita dalam menjalani organisasi, namun terkadang mendapatkan masalah dalam pendanaan. Dalam satu tahun itu banyak sekali even yang harus kita jalankan, manfaatkan event itu untuk menjadi sumber dana. 

Contohnya: 
• Agustusan
• Karnaval Hari pahlawan
• Lomba Bola Volley  antara Desa

Semoga kalian yang terlibat dalam organisasi kepemudaan Karang Taruna mendapatkan manfaat dan menjadi amal kebaikan.

Chanel YouTube Admin > Muha Moch

Semoga artikel ini membantu, terimakasih.

Muha Moch

Postingan terkait:

23 Tanggapan untuk "Dari Mana Sumber Dana Organisasi Karang Taruna Berasal?"

  1. Dari mna sumber dana organisasi karang taruna tahun 2020 dri kepemerintahan kcmtan dan desa berasal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa anggaran untuk karang taruna pertahun nya

      Delete
  2. Sesuai permen kemensos, apakah dimungkinkan sumber pendanaan kegiatan karang taruna dari pemkab, pemprov atau mlh dpt alokasi dana desa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimungkinkan sangat, kalu tidak salah 5 juta pertahun gan.

      Delete
  3. Ilustrasi fotonya beli / gratisan shutterstock bang? bit.do/cheapphotos-sale

    ReplyDelete
  4. Izin mengajukan sedikit penjelasan, pertanyaan, jawaban dan masukannya.

    Penjelasan:
    Dikampung saya sebelumnya organisasi karang taruna itu tidak ada (pakum) jarang terdengar pergerakannya dan belum cukup dikenal masyarakat desa secara umumnya, dan pada tahun 2020 baru dapat dibentuk dengan keadaan yang baru merintis dan belum ada anggaran ataupun dana hibah yang diperoleh.

    Pertanyaan:

    Apakah bisa atau diperbolehkan organisasi karang taruna (tingkat desa) melakukan Galang dana (iuran) kepada pelaku usaha (warung) di wilayah desa setempat dan akan menjadi iuran rutin setiap bulan dalam rangka membantu keuangan organisasi karang taruna untuk menggali potensi para pemuda dan setiap kegiatan lainnya ???

    Mohon untuk jawaban dan mungkin masukannya admin @Muha Moch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan. Namun, prosesnya mungkin agak sedikit berat. Yaotu dengan cara meminta izin terlebih dahulu dengan kepala Desa dan tokoh masyarakat, termasuk juga pelaku usah. Kalau bisa mereka semua dikumpulkan dalam suatu musyawarah agar lebih percaya dan saling mempercayai. Pelaku usaha juga bisa mendapatkan keuntungan dari pembayaran Iyuran. Intinya kerja sama saling menguntungkan dan diijinkan oleh pemangku kepentingan.

      Itu saja sih gan. Terimakasih apabila kurang jelas silahkan baca artikel terkait tentang karang taruna di blog ini. Sekali lagi terimakasih atas kunjungannya gan. Semoga jawaban ini sedikit memberi solusi.

      Delete
  5. Boleh saja asal nggak malu aja.
    Yang pastinya dalam organisasi harus bekerjasama dan kompak serta transparan tentang keuangan dan kegiatan² yg akan di lakukan.
    Dan perlu di ketahui untuk pendana'an karang taruna sebagian di dapat juga dari Dana Desa melalui pengajuan kepihak pemdes setempat.
    Jangan puas sudah dapat 5 juta pertahun.
    Kita harus kreatif dalam pengajuan kegiatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, itulah kenapa Karang Taruna didirikan. Agar semangat anak muda membangun dan mengekspresi bakatnya ada wadah tersendiri.

      Delete
  6. cara dapat anggaran 5juta tersebut gmna bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemerintah melalui peraturan menteri kepemudaan sudah mengalokasikan dana untuk kepemudaan atau organisasi Karang Taruna dan sejenisnya. Kalau dana itu atau Desa tempat Agan tidak ada Organisasi Karang Taruna mungkin dananya dialokasikan ke Program lain. Coba, buat proposal resmi atas nama Karang Taruna dan ajukan ke pemerintah Desa Agan.
      Terimakasih Gan, semoga jawaban ini bisa membantu.

      Delete
  7. Bagai mana cara supaya bisa melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan dalam hal "management requirement" calon tenaga kerja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Gan, sudah berkomentar.

      Wah kalau ini gurih-gurih sedap gan. Hehehe. Soalnya menyangkut keuntungan perusahaan melalui SDM yang baik dan unggul. Makanya kebanyakan perusahaan sangat selektif memilih SDM, mereka membuat sendiri Menegement Requirement, malah kadang ada juga yang langsung ngambil dari perusahaan Osorsing dengan alasan mudah dan sudah pasti sesuai kriteria.

      Untuk jawabannya seperti ini gan.
      Coba buat proposal tentang tema management requirement. Minta tanda tangan kepala Desa dan persetujuannya. Kemudian Ketua, Sekretaris dan Humas mengunjungi perusahaan tersebut kalau dimungkinkan kepala Desanya juga diajak agar ada backup dari penguasa. Hehe.

      Semoga jawabannya menyenangkan.
      Terimakasih gan.

      Delete
  8. Berapa kah dana nya kalau boleh tau untuk anggaran karang taruna pertahun nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 5 juta pertahun. Bisa dikoordinasikan ke pemerintah desa setempat.

      Delete
  9. saya kn baru d bentuk karang taruna daerah (desa) saya blm tau titik2 pendanaan pemasukan buat karang taruna saya sendiri
    jdi pertanyaan nya
    dimana titik2 pendanaan KARTAR dari desa tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemasukan paling utama dan umum itu dari iuran perbulan dari anggota Karang Taruna. Bisa juga dari pemerintah kabupaten, bisa dikoordinasikan ke pemerintah Desa setempat. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa di cari di blog ini. Terimakasih.

      Delete
  10. Mohon penjelasanya mas. Sebenarnya karang taruna desa itu ada angaran dana dari pemerintah ngak.. kalo memang ada bagaimana cara untuk mendapatkan dana itu? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang Karang Taruna nya sudah mendapat pengesahan dari pimpinan desa atau bisa disebut kepala Desa. Tinggal Karang Taruna nya mengusulkan kalau suruh buat proposal buat saja.

      Kalau masalah dana Sebenarnya pemerintah juga mengganggarkan dana setiap tahunnya untuk kepemudaan.

      Delete
  11. Kalo buat ketua karangtaruna dusun itu ada dananya tidak dari APBD atau dari AD

    ReplyDelete
  12. Saya mau tanya .. klo buat karangtaruna dusun itu sumber dananya dari mana ?? Apakah dari desa atau dari ADD. Tolong jelaskan admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau buat Karang Taruna buat saja tidak makai dana. Nah ketika sudah jadi baru dibuat program-program termasuk program Pendanaan.

      Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  13. Terima kasih admin sudah memberikan penjelasannya.. haturnuwun

    ReplyDelete