dagang

Amanat Dan Nilai Moral - Novel Dilan 90

Novel fenomenal 'Dilan Adalah Dilanku Tahun 1990' tentunya memiliki memiliki amanat dan nilai moral yang dapat kita ambil. 
Amanat dan Nilai Moral Nivel Dilan
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas Novel Karya Pidi Baiq itu. Tentunya ulasan saya sesuai dengan judul artikel ini, yaitu amanat dan nilai moral -  novel Dilan 90.

Bantu mengembangkan Chanel YouTube saya Gaes: SUBSCRIBE

Amanat :

Novel 'Dilan Adalah Dilanku Tahun 1990' kesederhanaan merupakan dasar terciptanya kebahagiaan untuk manusia, selain itu sebagai laki-laki Dilan bersikap baik kepada perempuan yaitu Milea. Laki-laki dikodarakan untuk melindungi, dan menjaga perempuan, apalagi Milea sebagai seorang wanita yang Dilan sukai. Pada novel ini juga mengajarkan kita, segala sesuatu yang berasal dari niat dan usaha sungguh-sungguh akan menghasilkan apa yang kitab inginkan.

Baca juga:


Nilai Moral :

Dilan sebagai anak geng motor memiliki keistimewaan, kesetiakawanan kepada seluruh teman dalam geng motor tersebut. Dilan juga memiliki rasa tanggung jawab terhadap anggota geng motor, banyak menimbulkan masalah tapi tidak lari dari kenyataan dan menghadapinya.

Dalam novel tersebut juga sangat memperhatikan nilai-nilai budaya Indonesia, terutama Bandung. Bahasa, logat juga sentuhan karakter dan settingnya. Budaya Bandung sangat kental dalam novel ini sehingga membuat lebih unik, menarik juga lebih dapat diterima oleh para pembaca dan penggemar dari novel Pidi Baiq ini. Menggambar bagaimana suasana Bandung pada Tahun 1990, keadaan, alam juga gambaran masyarakatnya. 

Dari segi unsur agama kita dapat mengambil pelajaran dari Dilan, walaupun Ia anak geng motor tapi tidak melewatkan sebagai seorang muslim dan mudah memaafkan seseorang, apabila masalahnya memegang sudah tuntas.

Menurut saya novel ini layak menjadi terpopuler, karena memang sangat menarik dan jarang. Apalagi tentang cerita anak SMA, tentunya juga memikat kaum pelajar untuk membaca novel tersebut, meningkatkan minat baca siswa. Bagai mereka yang sudah Old tertarik membaca karena ingin mengenang keadaan pada tahun 1990. 

Itulah sekelumit pelajaran dari unsur amanat dan nilai moral yang dapat kita ambil dari novel Dilan 90 atau 'Dilan Adalah Dilanku Tahun 1990' ciptaan Pidi Baiq.

Baca juga:


Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB, ya.

Terimakasih, semoga bermanfaat

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Amanat Dan Nilai Moral - Novel Dilan 90"