dagang

Macam Genre Sastra Dalam Novel

Sedikit berbagi tulisan, artikel tentang macam genre dalam menulis novel.

Novel mempunyai beragam genre dan patokoan tersendiri untuk membedakan jenis-jenisnya. Genre juga akan menentukan konsumen kita di pasaran. Genre sangat penting untuk seorang penulis seperti kita ini, apalagi kita masih dalam tahap belajar. 
Ok ... Langsung saja mari disimak!
Genre sastra dalam novel

1. Genre Novel Berdasarkan Kenyataan Ceritanya

A. Novel Fiksi 

Novel yang ditulis berdasarkan kejadian yang tidak pernah ada.
Novel fiksi biasanya meceritakan kejadian yang tidak nyata, yang dibuat dengan imajinasi kita kahayalan bahkan kejadian mimpi lalu di tulis oleh kita. 
Contoh: The Hobbit. 
B. Novel Non Fiksi

Novel ini kebalilikan dari novel fiksi ditulis dengam kejadian nyata. Kejadian yang dirasakan oleh penulis ataupun oleh orang lain dan pristiwa-pristiwa lainya. 
Contoh: Laskar Pelangi

2. Genre Novel dibuat Jenis Ceritanya

A. Novel Romantis

Novel yang menceritakan tentang kisah cinta dan kasih sayang. Ini Novel kesukaan aku hihihi. Novel ini biasanya banyak mengandung kata-kata indah dan romantis. 
Contoh: Logika Dalam Hati (muha moch) Emily (siti) Tenggelamnya Kapal Van der Wijk

B. Novel Horor

Siapa yang suka novel ini, ih ... ngeri. Mengangkat kisah tentang "teror, intimidasi" menimbulkan banyak kengerian dan ketakutan membuat bulukudu merinding. Di Novel ini biasanya menggunakan kalimat kejut agar konsumen merasakan aura horor yang dibaca. 
Contohnya:  Bangku Kosong

C. Novel Misteri

Siapa yang suka dengan novel ini.
Awas jangan salah paham dan dobel penafsiran Genre yang satu ini berbeda dengan genre 'horor' yang di atas. Genre ini memiliki perbedaan penyajian dari genre horor di atas. Bisanya mengisahkan tentang kasus dan kejanggalan yang terjadi dimanapun. Biasanya genre yang satu ini memiliki alur yang penuh dengan trik khusus dan alur yang twist. 
Contohnya: Sherlock Holmes

D. Novel Humor

Sudah tahu ding genre yang satu ini, banyak digunakan dalam acara Stand Up Comedy. Aku jelaskan sedikit ya. Biasanya genre ini menitik beratkan pada kisah yang humoris, konyol, kocak dan membuat perut terkocok. Kata-katanya mudah sekali dipahami dan sederhana.  
Contohnya: Kambing Jantan, Marmut merah jambu, dll (baca tuh karya Bang Raditia Dika)

E. Novel Sci-Fi/Fiksi Sains

Ini yang kemarin bikin aku bingung untuk menjelaskan ke member, hihihi (keterbatasan ilmu). Bisanya menceritakan dunia hingar bingar dengan teknologi. Bila kalian ingin membuat novel ini harus belajar banyak dengan konsep ilmu pengetahuan dan teklonogi.
Contohnya: Back to The Future

F. Novel Fiksi

Kalau kalian sering nonton film Amerika, Eropa dan negara maju lainya. Banyak sekali yang mengisahkan tentang novel fiksi ini, mempunyai ciri khas tersendiri yaitu magis, supranatural, surealis, pastikan tetap logis dan masuk akal. Sialahkan bila kalian mempunyai kreativitas yang tinggi dengan disertai imajinasi tingkat dewa.  
Contohnya: Harry Potter, 1,2,3,4 dll

G. Novel Fan-Fic/Fiksi Penggemar

Nahh ini bagi kamu mami, mama, ibu, embak, novel ini paling kalian suka (menurutku). Karena mengisahkan idola kalian fantasi yang ditulis oleh penggemarnya. Apa tokoh yang kalian gemari dan tulislah ceritanya. Intinya novel ini di tulis oleh penggemar idolanya dan berfantasi dalam tulisanya.
Contohnya: Four Season’s Tales

H. Novel Petualangan

Sipa yang suka ngertip (aku suka, terutama gunung) awas hati -hati dengan alur cerita karena harus berkesinambungan. Adegan dan dialog, kalian harus menerangakan keadaan dan situasi pada saat kalian ngetrip, harus detail.  
Contohnya: A Journey to The Centre of The Earth

I. Novel Sejarah

Aku suka juga dengan genre yang satu ini (IPS Sejarah hihihihi). Genre ini tidak sepenuhnya fiksi ataupun non fiksi. Silahkan kalian tulis dengan kisah sejarah yang ada di tempatmu ataupun di tempat lain, mitos, sejarah, legenda masyarakat. Tidak jarang opini juga di masukan dalam penulisan genre ini.  

3. Genre Novel Berdasarkan Isi dan Tokohnya

A. Novel Teenlit

Mengambil kisah kehidupan remaja. Kisah pertemanan paling banyak diangkat, percintaan dan juga cita-cita. Latar kejadian kebanyakan di Sekolah, pesantren dini, dan kampus.
Contohnya: Dealova

B. Novel Chicklit

Novel ini berbeda dengan novel di atas. Awas jangan sampe keliru dalam memaknainya. Genre ini biasany menceritakan kisah wanita muda dengan segudang permasalahanya. Latar yang biasa digunakan yaitu kamar mandi, kamar tidur, kafe, restoran, taman. Contohnya: Nyawa

C. Novel Metropop

Kisah wanita kosmopolitan yng berkutat dengan area perkantorn (atau wanita karier). Tokoh dalam cerita ini biasanya berkutat didalam kehidupan, percintaan, karir dan ambisi. 
Contohnya: Perahu Kertas

D. Novel Dewasa

Wah-wah awas yang yang belum cukup umur jangan baca novel ini.. (Hihihi...) berkisah tentang isu-isu dan temanya pun diangakat dari kehidupan orang dewasa dan di pahami juga oleh orang dewasa. Aku udah dewasa jadi boleh aku membacanya hihihi. Ganre ini tentu untuk orang dewasa yang belum dewasa jangan coba-coba.  
Contohnya: Ronggeng Dukuh Paruk

E. Novel Songlit

Ini kisah yang sering di ambil dari lagu. Lirik dikisahkan dalam novel ini dengan imajinasi sang penulis.
Contohnya: Sebelum Cahaya

Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB, ya.

Salam literasi.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Macam Genre Sastra Dalam Novel"