dagang

5 Cara Unik Menentukan Judul Cerita

Hay ... Sobat seperjuangan, apa kabarnya? Pasti baik. Ok, langsung saja, pada artikel kali ini kita akan mengulas bagaimana caranya membuat judul cerpen maupun novel yang menarik, agar cerpen atau novel kita banyak diminati banyak pembaca.
5 cara menentukan judul cerita

Walaupun membuat judul tampak sepele,  namun dampaknya sangat besar pada penyampaian cerita yang kita ciptakan. Kebanyakan pembaca sebelum membeli buku atau membaca cerita di linimasa seperti Facebook, Blog, dan lainya, mereka lebih tertarik membaca terlebih dulu judul dari sebuah cerita tersebut. Kecuali penulisnya sudah mempunyai nama besar, basis penggemar yang melimpah, peminatnya juga sudah menunggu, walaupun kadang judulnya tidak menarik, namun mereka sudah pasti cerita yang disampaikan bagus. Nah, untuk kita para pemula harus kerja keras, kita sudah menghabiskan banyak tenaga dan waktu jangan sampai terbuang sia-sia karena hal sepele seperti membuat judul. Memang faktor diminati dan tidaknya cerpen adalah kualitas tulisan namun kita juga perlu memikirkan bagaimana caranya agar judul kita mempengaruhi pembaca.
Mari simak 4 cara unik menentukan judul cerita berikut ini, semoga bermanfaat.

1. Inspirasi Dari Tema Cerita

Jangan kebingungan saat menentukan judul cerpen. Hal utama mentukan judul  yang pernah saya lakukan adalah mengambil dari tema cerita itu sendiri. Jangan sampai judul yang kita buat keluar dari tema, ini akan berdampak fatal disamping dapat membingungkan pembaca, menganggap bahwa judul kita hanya hiyasan, bahkan lebih parah lagi penipuan. Judul baik harus sesuai dengan tema cerita, ambillah secara tepat namun menggugah.

Baca ulang cerpen yang telah kita buat, lalu dari proses membaca ulang kita akan menemukan intisari dari cerpen yang Sobat buat, pilih kata-kata terbaik dan susunlah menjadi judul yang menarik. Misalnya tema cerita kita tentang kesedihan dan Cinta, buat saja judul "Meringkuk Dalam Cinta". Contoh lain tema tentang kematian, kita buat judulnya "Tarian Kematian". Ingat! pilihlah kata semenarik mungkin. Bangkitkan nyawa judul sesuai tema cerita, karena judul berpengaruh besar terhadap isi cerita kita.

2. Membuat Judul Melalui Latar Cerita

Latar merupakan tempat konflik dalam cerita yang kita buat. Tidak ada cerita tanpa latar, latar merupakan peranan penting dari kisah  sebuah cerita. Latar sering juga digunakan sebagai judul cerita, berapa banyak pengarang yang sudah membuatnya. Bila Sahab tertarik, di bawah ini beberapa contoh pengambilan latar cerita yang dijadikan judul.

Contoh 1:
Misalnya, latar dari cerita berada di sebuah pulau terpencil tanpa akses internet, kita bisa membuat judul "Tak Ada Maya"

Contoh 2:
Karena ceritanya ada seseorang terjebak di sebuah pulau terpencil. Kita juga bisa mengambil judul dari kejadian yang terjadi di tempat tersebut, "Love in Island"

Contoh 3: "Bulan Terbelah Di Langit Eropa"
Sobat pasti sudah tahukan judul di atas? Novel fenomenal yang di angkat ke layar lebar.

3. Judul Dari Tokoh Utama

Tokoh utama dalam suatu cerita, berperan besar dalam menentukan judul. Buatlah ulasan mengapa kita harus mengambil judul dari tokoh utama, apakah dari karakter? Atau dari namanya yang keren. Buatlah judul dari tokoh utama semenarik mungkin seperti contoh ini.

Tentunya kawan-kawan pernah membaca novel "Dilan", "Siti Nurbaya",  "Lupus", "Cinta Suci Zahrana" dan lainnya.

Nama judul dari nama tokoh utama? Cobalah baca ulang cerpen yang kita buat agar nama tokoh tersebut benar-benar masuk dan cocok untuk dijadikan judul cerpen kita. Apabila nama tokoh tidak cocok atau melenceng dari keseluruhan cerita Sobat, kesannya tidak bagus maka rubahlah judul dengan tema saja. Karena dengan membuat judul dengan tema lebih mudah mengutak-atik kata-katanya.

4. Judul Dari Kata Mutiara Cerpen

Kata mutiara bagaikan air dalam dahaga berkepanjangan, memasukan kata mutiara bagus dan sangat di anjurkan dalam setiap karangan yang akan dibuat, menguatkan ruh jalan cerita sebuah cerpen.

Setiap buku yang kita baca pasti bertemu dengan kata mutiara. Penulis mencoretkan tintanya dengan kata indah sehingga pembaca terus terkenang bahkan sampai diterapkan dalam dunia nyata. Penulis hebat, mereka perangkai kata jenius harus ada dalam setiap karya buku yang di ciptakan.

Mari belajar mengambil kata mutiara untuk dijadikan judul cerpen kita. Di bawah ini adalah karya kata mutiara yang saya ciptakan dan judulnya.

Contoh 1:

"Aku melihat bulan, berada di sisiku apakah itu kamu, indah dan menawan". Ini kutipan kata mutiara cerpen yang pernah saya buat dan cerpen itu saya beri judul "Bulan Di sisiku".

5. Inspirasi Dari Kisah Nyata

Kisah nyata sering terjadi didalam kehidupan kita sehari-hari, didalam masyarakat penuh pergolakan dan ceritanya masing-masing. Banyak penulis terkenal mengambil sebagian atau bahkan keseluruhan dari kisah nyata di kehidupan masyarakat atau individu untuk dijadikan ceritanya. Karena, para penulis terkenal sudah terbiasa dan peka terhadap sistem cerita yang akan mereka tulis. Judulnya pun menarik dan unik, nah itu salah satu kelebihan mereka, kita pun bisa mencontoh mereka. Simak baik-baiknya.

Membuat judul seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami harus jeli memilihnya bila salah memilih yang ada malah jerami itu sendiri yang dijadikan judul cerita. Maksudnya, pilihan kalimat memikat agar judul cerita kita membuat pembaca penasaran.

Di bawah ini ada sebagian contoh judul yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh 1:
Ada perjaka tua, di buly karena belum juga menikah. Karena saking kesalnya dia mengagetkan penduduk, bahwa besok dia akan melangsungkan pernikahan.

Kita kasih judul: 'Mendadak Mantu' atau 'Mendadak Nikah' bisa juga 'Mak, Ini Mantumu'

Contoh 2:
Dalam perjalanan pulang sekolah Aldi kehujanan, ia berinisiatif menggunakan pelepah pisang untuk dijadikan payung.

Kita kasih judul: 'Pelepah Pisangku' atau 'Manfaat Cinta Pelepah Pisang Ketika Hujan Pulang Sekolah'
Inti dari artikel ini, Sobat diharapkan mengandalkan teknik-teknik ini dengan baik dan benar. Saran dari saya pilihlah kata-kata yang membuat judul kita menarik untuk disimak para pembaca.

Itu saja dulu yang bisa saya sampaikan, mungkin artikel ini ada kurangnya, mohon kiranya Sobat menambahkan atau sekedar berkomentar.

Klik link YouTube Admin, Jangan lupa Subscribe ya :
  Muha Moch

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Cara Unik Menentukan Judul Cerita"

Post a Comment