dagang

Memunculkan Ide Saat Menulis

Menulis membutuhkan ide benar gak sih? Jawabanya tentu saja benar, ide sangat berguna sekali untuk menulis, entah itu menulis cerpen, novel, artikel blog atau pun untuk bahan penelitian. Di sini saya akan membahas tentang cara memunculkan ide saat kita sedang menulis. Ide sangat dibutuhkan ketika kita sedang menulis.

Darimana ide menulis

Ide menjadi modal besar penulis untuk dapat mengembangkan cerita atau tulisan. Terkadang, dalam proses menulis sebuah cerita, ide itu bisa lenyap seketika. Menulis membutuhkan ide, baik itu penulis pemula atau pun penulis yang sudah profesional. Karena dengan ide kita dapat menulis dengan baik dan mengalir.

Baca juga:
Kita sering kehabisan ide saat menulis atau malah tulisan kita tidak bekembang sama sekali,  maka kita perlu mencari inspirasi untuk membuka wawasan seluas-luasnya. Cara paling ampuh dan mudah untuk memunculkan ide adalah dengan membaca buku, penulis bukan hanya bekerja untuk menulis saja, melainkan juga membaca buku untuk menunjang tulisan kita dan juga akan memunculkan ide selanjutnya.     
Memperluas jaringan dengan teman dan banyak bergaul dengan orang banyak, akan menumbuhkan ide dan ide kita daapat berkembang biak. Dengan cara ini kita tidak dapat kehabisan ide bahkan ide akan terus bermunculan. “ide tidak akan datang dengan sendirinya seperti jaelangkung” menurut saya begitu.

Baca juga:

Di samping itu penulis juga harus menjaga jiwa kepekaan terhadap sekelilingnya. Menjaga kepkaan disetiap hal akan memunculkan ide baru, pun ide yang dianggap sampah sekali pun bila kita kembangakan akan menjadi ide yang bagus, dan menjadi kunci ide berikutnya.
Contohnya mimpi, tulis mimpi kita seketka, itu akan menambah ide yang selanjutnya kita tuangan dalam tulisan kita. Cerita dari kehidupan teman juga akan memberikan kita banyak sekali ide.

Hal yang dianggap sampah atau dianggap tidak masuk akal, dan hal sekecil apapun tidak boleh luput dari pantauan penulis. Kepekaan terhadap sesuatu mutlak harus tetap dijadikan gagasan, ide dalam proses menulis kita. Seorang penulis harusnya selalu mendapatkan ide yang mengalir tanpa henti.

Kesimpulan.

Segeralah menulis apa yang telah terjadi pada kehidupan sehari-hari Sobat. Kepekaan terhadap suatu objek atau masalah masyarakat yang terjadi, tentunya menjadi bank ide dari cerita yang akan kita tulis. Tulislah ide baru yang sering terjadi, pada kesempatan lain ide itu Sobat bisa dijadikan pembuatan cerita selanjutnya.

Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB ya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memunculkan Ide Saat Menulis"

Post a Comment