dagang

3 Cara Mudah Menyusun Program Kerja Karang Taruna Yang Baik Dan Benar

Muha Moch Karang Taruna - Program Kerja Karang Taruna Desa merupakan Aspek terpenting demi keberlanjutan organisasi itu sendiri. Maju mundurnya organisasi ini, tergantung seberapa baik kita menyusun sebuah program kerjanya.
Perancangan program kerja karang taruna
Oleh karena itu, hendaknya kita pikirkan secara matang-matang sebelum menentukan program kerja yang akan dilakukan. Jangan sampai ketika program kerja yang kita susun, tidak mewakili atau tidak memecahkan masalah-maslah yang dibutukan oleh masyarakat Desa.
Lalu bagaimana cara kita menyusun program kerja karang taruna yang baik? 

1. Alanisa Data Desa

Tujuan kita mengamati data Desa adalah untuk mengetahui, apa saja yang ada di Desa tersebut beserta rinciannya. Karena di setiap Desa berbeda-beda potensi, jumlah penduduk, kearifan lokal masyarakat beserta kebudayaan yang ada.

Inilah yang jarang sekali dilakukan oleh organisasi Karang Taruna. Padahal berkata menganalisa data Desa itulah kita mendapatkan ide lebih banyak untuk menyusun program kerja yang tepat sasaran.

Karena Karang Taruna terbentuk selain sebagai wadah pemuda Desa, juga sebagai bagian membantu pemerintah Desa didalam pemberdayaan potensi yang ada di masyarakat, agar produktif dan berkembang.

Jadi semestinya pemerintah Desa juga "terbuka" ketika kita membutuhkan data Desa untuk kebutuhan organisasi kepemudaan.

2. Pengamatan Atau Survey

Selain memerlukan data Desa kita juga harus mensurvei kebenarannya di lapangan.

Berikut caranya:

Kita harus membentuk tim kecil dalam kelompok, yang bertujuan memastikan bahwa data Desa benar adanya di lapangan. Apa saja yang belum ada untuk dicatat dan dimusyawarahkan dalam rapat Karang Taruna.

3. Musyawarah Perencanaan Program

Musyawarah adalah inti dari pembuatan program kerja Karang Taruna. Karena musyawarah merupakan keputusan tertinggi suatu organisasi yang di ambil berdasarkan kesepakatan semua anggota. Akan tetapi harus tetap pada koridor poin 1 dan 2, hal ini dapat dijadikan panduan dalam menyusun perencanaan program kerja Karang Taruna yang baik.

Inti dari penyusunan sebuah program kerja ketika memang benar-benar jadi harus dijadikan panduan semua anggota. 

Itulah 3 Cara Mudah, Baik Dan Benar Menyusun Program Karang Taruna Desa.

Kunjungi Channel YouTube Admin > Muha Moch

Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Cara Mudah Menyusun Program Kerja Karang Taruna Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment