dagang

Tiga Manfaat Membaca Yang Belum Anda Ketahui

Semua orang di jaman modern seperti sekarang ini, ditambah dukungan teknologi canggih tentu semua orang bisa mengetahui informasi terkini. Portal informasi berita semakin menjamur di depan mata, tinggal klik semua informasi langsung bisa dibaca. Namun sangat disayangkan, sebagian banyak orang acuh, untuk membaca informasi dengan tuntas, alhasil banyak dari mereka salah mengartikan informasi tersebut.  Untuk mereka yang suka  membaca sastra, banyak sekali aplikasi   digital menerbitkan Cerpen (cerita pendek), Cerbung (cerita bersambung), bahkan novel. 
Tiga manfaat membaca
membaca informasi berita setuntas-tuntasnya, jangan cuma dibaca sekilas seperti membaca pesan dari orang yang kita benci. Jadikan membaca tuntas sebagai hobi dan kebisaan, karena ini bermanfaat untuk kita pribadi dan tentunya orang lain. 
Artikel kali ini mengulas, tentang manfaat membaca yang belum Anda ketahui. Simak baik-baik, ya Sobat, agar tidak salah tafsir. 

1. Manfaat Untuk Hati

Dalam Islam, firman pertama kali yang di turunkan Allah adalah mengenai membaca, 'baca, baca, bacalah'. Firman itu seolah memaksa Umat manusia untuk bisa membaca? Memang harus begitu modal awal kita sebagai seorang hamba adalah mengetahui apa yang disampaikan Tuhan melalui utusannya. Ketika Kita sudah lancar membaca, barulah kita belajar memahami dan menafsirkannya melalui akal dan hati nurani. 

Hati menjadi tenteram ketika Kita mengetahui sesuatu itu seutuhnya dan ditafsirkan dengan kerendahan. Sehingga terhindar dari prasangka negatif kepada sesama. Manusia membutuhkan hati nurani yang luhur, mulai dan halus untuk menjalani kehidupan keras, beringas ini. Rasa kemanusiaan tumbuh, kasih sayang semakin menjamur dan pahala mengalir deras.

Banyak membaca adalah pahal, maksudnya sekin Kita sering membaca semakin banyak juga hal baru yang didapat. Bila banyak ilmu jalan kita menuju Rahmat Tuhan semakin besar. Pergunakan ilmu pengetahuan kita untuk kebaikan antar sesama dan keberlangsungan kehidupan alam semesta. 

2. Membaca Itu Alat Utama

Apa jadinya bila tidak bisa membaca sama sekali, kita akan tersesat dan tak tahu arah jalan pulang. Bukan begitu?

Buta huruf ditambah buta hati untuk membaca sampai selesai adalah penyakit. Seorang dokter tidak menjadi dokter bila mereka membaca literatur disiplin ilmu dari dokter sebelumnya. Seorang pemimpin akan beringas, serakah dan acuh tak acuh pada rakyat bila dia buta hati. 

Bila ingin menjadi orang yang berhasil dan menjadi pemimpin yang bijak sana, mulailah banyak membaca berbagai bentuk tulisan. Berita, sastra, dan disiplin ilmu lainnya adalah alat utama untuk mewujudkannya.

3. Sebagai Gerbang Dunia

Gerbang Dunia tidak hanya pintu Doraemon, itu hanyalah fantasi cerita. Membaca satu-satunya gerbang Dunia yang sesungguhnya, dengan membaca kita akan menemukan berbagai hal yang rumit sekalipun di Dunia ini. 

Para pakar ilmuwan temukan Dunia, telah banyak membuktikan hasil dari temuan mereka tentang manfaat membaca. Salah satunya beliau, Eyang Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan BJ Habibie, adalah pakar pesawat terbang terkemuka di Dunia. Bila Sobat, pernah menonton acara Talk show yang sedang mewawancarai Eyang, diruangan pribadi Eyang banyak sekali buku-buku berjejer rapi di raknya, itu bukti bahwa Eyang gemar sekali membaca. Tidak heran bilau di juluki “Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia” semoga Eyang selalu dilimpahkan banyak keberkahan, Amin.
Kehidupan kemanusiaan harus dilaksanakan, melalui membaca kemanusiaan tercipta. Membaca membuat suasana dunia, keragaman tergambar jelas dan perdamaian terwujud.

Kesimpulan.
Perbanyak membaca apapun itu, pilihlah sesuai dengan kesukaan, Sobat dan rasakan manfaatnya. 

Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB,ya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tiga Manfaat Membaca Yang Belum Anda Ketahui"

Post a Comment