dagang

Cara Meningkatkan Minat Baca Masyarakat dapat Dilakukan

Apakah kita terus-menerus bergantung kepada pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia? Tentunya lebih mudah dan cepat bila semua pihak mendukung upaya tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan pekerjaan pemerintah dalam meningkatkan minat membaca masyarakat. 
Cara meningkatkan minat baca
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Cara ini sangat di anjurkan bagai semua kalangan, aktivis, akademisi maupun Lembaga Suadaya Masyarakat
Di bawah ini beberapa cara sederhana untuk meningkatkan minat baca masyarakat:

1. Dari Lingkungan Keluarga

Awal mula pendidikan seseorang dimulai dari lingkungan keluarga. Sebelum mereka mengenyam pendidikan di bangku sekolah, keluarga berperan penting dalam lingkungan keluarga. Mengenalkan bahan bacaan bisa menjadi pembuka gerbang untuk memberantas buta huruf. Bila setiap keluarga berperan aktif mengenalkan bahan bacaan kepada anak-anak, tentunya pemberantasan buta huruf bisa dilakukan sejak dini.

2. Memberi Contoh kepada Anak-anak

Salah satu cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat adalah dengan mengenalkan atau memberikan contoh terbaik kepada mereka. Anak-anak adalah peniru. Studi kasus di Sumatera yang dilakukan oleh Guru-guru mitra Tanoto Foundation menghasilkan, sebagai berikut: Para guru membacakan cerita di hadapan anak-anak. Ternyata membaca di hadapan anak-anak dapat meningkatkan minat baca. Beberapa dari mereka juga bisa melakukan hal tersebut, anak-anak kelas VI membacakan dengan baik di hadapan adik-adiknya kelas I dan II.

Mencontohkan membaca kepada anak-anak sejak dini, ternyata memberikan efek yang signifikan terhadap minat baca mereka.

3. Mendirikan Taman Baca

Masyarakat memiliki peran penting untuk meningkatkan minat baca. Salah satunya mendirikan taman baca atau perpustakaan. Cara ini memiliki peran yang signifikan dan efektif untuk meningkatkan minat baca.

Bila Anda mempunyai banyak waktu luang dan tentunya tenaga ekstra, cobalah mendirikan taman baca di desa ataupun di kompleks perumahan tempat Anda tinggal.

4. Sistem Buku Bergulir

Memanfaatkan komunitas baca atau perpustakaan di kota Anda, dengan cara menjalankan program buku bergulir untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Misalnya, seperti bertukar koleksi buku antar nggota komunitas, juga bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah setempat. Bertukar koleksi buku akan meningkatkan minat baca masyarakat, karena mereka tidak jenuh dengan hanya membaca buku-buku itu saja.
5. Memberikan Apresiasi

Cara yang satu ini mungkin jarang di lakukan oleh sebagian masyarakat, padahal cara ini efektif untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama mereka yang sudah lanjut usia. Agar lebih terpacu lagi dalam belajar membaca tentunya kita memberikan apresiasi, misalanya:
Memberikan mereka sembako atau hiburan kecil agar mereka bahagia di masa senjanya. 

Pada dasarnya orang yang sudah lanjut usia itu seperti anak-anak. Maka dengan cara memperlakukannya juga harus sesuai namun tentunya sesuai koridor. 

Itulah berbagai cara agar masyarakat dalam meningkatkan minat baca terwujud, untuk menghapus Indonesia buta huruf

Kunjungi juga Channel YouTube Admin> Muha Moch jangan lupa SUBSCRIB ya.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Meningkatkan Minat Baca Masyarakat dapat Dilakukan"

Post a Comment