dagang

Inilah Program Kerja Jangka Pendek Karang Taruna Lingkup Desa - Versi Muha Moch

TINTA PENA Karang Taruna, Muha Moch - Sebuah organisasi entah itu organisasi besar yang resmi mampu organisasi kecil tidak resmi, contohnya saja Karang Taruna Desa tentu semua memiliki program jangka pendek maupun jangka panjang.

Contoh program jangka pendek Karang Taruna
Gb: Muha Moch

Nah, untuk yang kesekian kalinya TINTA PENA membahasa mengenai program Karamg Taruna. 

Kali ini mengenai Perancangan Program Jangka Pendek Karang Taruna. Simak dengan baik semoga memberi solusi. 

Dalam penyusunan perencanaan program kerja Karang Taruna tingkat Desa, merencanakan secara umumnya kedalam 3 program kerja.

Progam Ini lebih terfokus ke dalam peningkatan kualitas dan kuantitas Karang Taruna dengan dasar program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Baca juga:

Program jangka pendek tersebut antara lain ialah:

1. Penyelanggaraan pelatihan kepemimpinan berjenjang di setiap RW dan RT Desa harapannya agar ada kaderisasi Karang Taruna. 

2. Pelatihan keterampilan dan kecakapan sosial disetiap anak ranting di dusun-dusun dan Rukun Tetangga dengan format kaderisasi Karang Taruna.

3. Mengadakan pelatihan kemampuan berwirausaha (pelatihan peningkatan kesejahteraan ekonomi) berdasarkan kebutuhan UKM dan dunia usaha pada umumnya. 

4. Pembentukan unit teknisi penerapan keanggotaan yang bersifat mengikat dan permanen.

5. Melakukan pendataan kepada anggota Karang Taruna di semua wilayah Dusun, Rukun Tetangga (RT), maupun Desa. Bertujuan memetakan potensi Usaha Ekonomi Produktif dan Kreatif (UEPK) dan Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) secara lengkap dan tersetruktur. 

6. Menyelenggarakan kegiatan forum pengambilan keputusan secara rutin sesuai mekanisme yang ada.

7. Melaksanakan kegiatan rapat kerja tingkat Karang Taruna Rukun Warga (RW) minimal sekali dalam satu periode kepengurusan. 

8. Pembuatan akun email dan turunannya seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan akun media sosial lainnya. 

9. Pemanfaatan Akun YouTube agar bisa dilakukan dengan maksimal, sebagai wadah kreativitas, pengabadian kegiatan Karang Taruna, kegiatan desa dan hal unik di lingkungan Desa setempat. 

Untuk selanjutnya sebagai pengenalan dan promosi pariwisata Desa kalau ada. Nantinya bisa menjadi salah satu sumber penghasilan kas Karang Taruna. 

______

Baca Juga:

Program jangka pendek Karang Taruna sebaiknya dibuat atau dirancang menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan lingkungan di tempat atau desa masing-masing. 

Karena budaya, mayoritas dan perdebatan kebutuhan mempengaruhi lancar atau tidaknya program jangka pendek itu nanti. 

Semoga artikel ini sedikit membantu teman-teman Karang Taruna, yang sedang mencari ide atau mencari referensi maupun perbandingan Program jangka pendek Karang Taruna.

Terimakasih. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Program Kerja Jangka Pendek Karang Taruna Lingkup Desa - Versi Muha Moch"

Post a Comment