dagang

9 Berkas Lamaran Pekerjaan Yang Harus Disediakan Sebelum Melamar Kerja. Harus Tahu!

TINTA PENA SURAT-SURAT - Mencari pekerjaan pada setiap orang harus memenuhi syarat-syarat, syarat juga harus di kumpulkan dalam bentuk dokumen atau istilah lain berkas. Bagi Sobat yang ingin melamar kerja dokumen berkas ini penting sebagai persyaratan. Jangan sampai Sobat tidak mengetahuinya. 

9 Berkas Lamaran Pekerjaan Yang Harus Disediakan Sebelum Melamar Kerja. Harus Tahu!


Nah, apakah Sobat mengetahui berkas lamaran kerja apa saja yang perlu dipersiapkan? Nah berikut dibawah 9 lamaran kerja. 


1. Surat Lamaran 

Berkas yang pertama dan paling utama adalah surat lamaran pekerjaan. 


Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya pada umumnya memaparkan maksud dan tujuan serta informasi diri pelamar kerja, misalnya saja identitas pribadi, nomor handphone yang bisa dihubungi. 


Ada banyak contoh surat lamaran pekerjaan bertebaran di internet, salah satunya terdapat di blog ini. Silahkan Sobat kreasikan sesuai dengan kriteria dan informasi diri dari sobat. 


2. Curriculum Vitae (CV)  atau Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup berada dalam urutan kedua dari berkas surat lamaran pekerjaan. CV biasanya berisi mengenai pendidikan dan juga pengalaman kerja kalau sudah pernah kerja serta dilengkapi dengan alamat email, nomor telepon, skill organisasi yang dimiliki.


3. Fotokopi Ijazah Dan Transkrip Nilai Legalisir

Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi transkrip nilai dan ijazah yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah terakhir. 


Ijazah dan transkrip nilai ini berfungsi sebagai keabsahan bahwa Sobat benar-benar sekolah yang diterangkan dalam CV. 


Kenapa harus legalisir karena sebagai bukti yang berlaku, sah dan diakui di negara kita tercinta Indonesia Raya.


4. Fotokopi KTP Dan Kartu Keluarga (KK)

Berkas dokumen lamaran pekerjaan berikutnya adalah fotokopi identitas pribadi juga keluarga. Atau nama lainnya  Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).


Berkas lamarannya berikut ini sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan sebagai tanda bukti dan keabsahan bahwa Sobat benar-benar Warga dan penduduk  di wilayah tersebut. 


5. pas Foto Terbaru


pas foto merupakan berkas lamaran yang juga tak kalah pentingnya dan pastikan pas foto tersebut berukuran 3 × 4 dan 4 × 6 tentunya yang terbaru.


siapkan foto-foto tersebut dengan dengan stok sebanyak-banyaknya sesuai rencana saat sobat melamar pekerjaan secara offline dan apabila dilakukan dengan online maka siapkan file foto dalam bentuk format JPG tentunya dengan resolusi yang baik. 


6. Sertifikat

Tentunya sobat mempunyai sertifikat atau piagam penghargaan dari sekolahan? jangan lupa sertakan berkas tersebut sebagai lamaran kerja salah satunya adalah (TOEFL atau IELTS) bahasa Inggris dan dan pendidikan informal lainnya atau kursus-kursus yang pernah di lakukan. 


selain itu sobat bisa juga menyertakan piagam penghargaan atas prestasi yang pernah diraih saat di jenjang pendidikan dan relevan dengan dunia kerja. 


7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

salah satu syarat yang tidak yang tidak boleh ditinggalkan termasuk juga surat keterangan catatan kepolisian atau (SKCK).


jika sobat sudah memilikinya alangkah baiknya dicek ulang apakah SKCK tersebut masih berlaku atau sudah tidak berlaku lagi. kalau masih berlaku silakan dilegalisir ke kantor kepolisian dan kalau sudah tidak berlaku dimohonkan untuk dibuatkan yang baru. 


Kenapa seperti itu karena SKCK memiliki kadaluarsa.


8 Fotokopi Surat Pengalaman Kerja

Bagi Sobat yang sudah memiliki pengalaman kerja alangkah baiknya menyertakan surat pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya. 


Surat pengalaman kerja merupakan berkas lamaran yang dapat mendukung saat kamu melamar pekerjaan sebagai bahan pertimbangan dari HRD perusahaan yang ingin Sobat melamar.


9. Fotokopi Surat Kesehatan

Dewasa ini pandemi covid sedang berlangsung, ada baiknya bila Sobat ingin melamar pekerjaan disertai dengan surat keterangan kesehatan dari Puskesmas atau dari poliklinik terdekat di wilayah Sobat.


surat semacam ini biasanya dibutuhkan oleh ADM HRD perusahaan, beberapa tahapan proses rekrutmen calon pekerja.


Nah, itulah 9 berkas lamaran pekerjaan yang harus Sobat siapkan dan ketahui sebelum melamar pekerjaan di perusahaan. 


Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila ada kesalahan mohon dimaafkan.

Terimakasih. see you next time have nice day thank.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " 9 Berkas Lamaran Pekerjaan Yang Harus Disediakan Sebelum Melamar Kerja. Harus Tahu!"

Post a Comment